Media China Soroti Penurunan Prestasi Ganda Putra Indonesia

Penulis: Yusuf Efendi
Senin 11 Des 2023, 17:00 WIB
Media China Soroti Penurunan Ganda Putra Indonesia

Bagas Maulana-Muhammad Sohibul Fikri-Fajar Alfian-Muhammad Rian Ardianto/[Foto:PBSI]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Penampilan sektor ganda putra Indonesia jauh dari kata memuaskan pada musim ini dengan banyak pemain yang tampil inkonsisten dan terus kalah di babak awal turnamen.

Pada awal musim lalu di Januari, ganda putra Indonesia tampak menjanjikan dengan raihan gelar Malaysia Open World Tour Super 1000 dan juga turnamen bulu tangkist tertua di dunia, All England 2023 yang dipersembahkan oleh pasangan Fajar Alfian / Muhammad Rian Ardianto.

Di turnaman bawah, Leo Rolly Carnando / Daniel Marthin juga unjuk gigi dengan raihan dua gelar di Indonesia Masters World Tour Super 500 dan Thailand Masters World Tour Super 300 pada awal tahun.

Namun, berturut-turut para pemain ganda putra Merah Putih tak mampu mendominasi lagi, bahkan selalu terhenti di babak awal kompetisi.

Di akhir tahun Bagas Maulana / Muhammad Shohibul Fikri sempat menujukan kebangkitan dengan raihan dua runner-up beruntun di French Open Super 750 dan Denmark Open Super 750 pada bulan Oktober lalu.

Bagas Maulana mengakui performa ganda putra akhir-akhir ini memang menurun.

"Percaya enggak percaya ada masanya badminton kita [menurun]. Dulu di setiap pertandingan ada dapat hasil terbaik, belakangan memang lagi menurun," kata Bagas.

Pada musim 2023, nomor ganda putra tim bulu tangkis Indonesia, yang dulu pernah memiliki keunggulan dan prestasi mentereng kini tengah mengalami kemunduran.

Hal itu diyakini ada dua alasan utama penurunan prestasi ini menurut media China .

Pertama, pelatih kepala Herry Iman Pierngadi yang pernah melatih anda putra selama bertahun-tahun, kini ditugaskan di nomor campuran. Tidak baik untuk berubah pelatih jelang kejuaraan akbar Olimpiade.

Kedua, banyak pemain ganda putra Indonesia yang mengalami cedera, seperti cedera kaki, cedera bahu Rian Ardianto, dan cedera mata Daniel Marthin, serta Marcus Fernadi Gideoan pun berpisah dengan Kevin Sanjaya Sukamuljo karena cedera dan baru comeback dengan pasangan berbeda di akhir musim.

Sementara pasangan veteran Mohammad Ahsan / Hendrea Setiawan kini sudah menua,  dan hal yang normal bagi mereka untuk mulai menurun baik performa maupun fisik.

Artikel Tag: Indonesia, Ganda Putra Indonesia, Herry Iman Pierngadi, hendra setiawan, Bagas Maulana, Marcus Fernaldi Gideon, Kevin Sanjaya Sukamuljo, Fajar Alfian, Muhammad Rian Ardianto, mohammad ahsan

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/media-china-soroti-penurunan-prestasi-ganda-putra-indonesia
581  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini