Masih Lockdown, Timnas Malaysia Tetap Termotivasi Menuju Olimpiade Tokyo

Penulis: Yusuf Efendi
Senin 07 Jun 2021, 22:45 WIB
Negaranya Lockdown, Timnas Malaysia Tetap Termotivasi Menuju Olimpiade Tokyo

Timnas Malaysia/[Foto:NST]

Berita Badminton : Skuat bulu tangkis tim nasional Malaysia tidak berkecil hati, meski menghadapi tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam persiapan mereka untuk Olimpiade Tokyo bulan depan.

Menurut kepala pelatih Federasi Badminton Malaysia (BAM) Wong Choong Hann, para pemain dan pelatih di bawah program Road to Tokyo (RTT) agak beradaptasi dengan kehidupan isolasi di Akademi Bulu Tangkis Malaysia (ABM) di Bukit Kiara.

Pada bulan April, badan nasional diguncang oleh serentetan kasus positif, melemparkan kunci pas dalam pekerjaan program pelatihan berbasis karantina mereka.

Sekarang dalam penguncian penuh, para pemain dan pelatih RTT belum melihat keluarga mereka selama berminggu-minggu, jika tidak berbulan-bulan.

“Tidak mudah untuk tetap termotivasi di bawah masa-masa baru dan sulit ini, tetapi saya yakin para pemain dan pelatih telah beradaptasi dengan rutinitas ini. Kami telah berlatih seperti ini untuk waktu yang lama dan telah menerima bahwa ini akan terjadi," katanya.

"Saya percaya penting untuk tetap fokus. Program pelatihan berbasis karantina ini bukanlah hal baru," ungkap Choong Hann, yang juga tidak melihat keluarganya selama lebih dari dua minggu.

Tentang apakah ada aktivitas baru yang telah diperkenalkan untuk membuat para pemain tetap termotivasi, Choong Hann menambahkan:

"Sejujurnya, kami belum memperbaiki apa pun secara khusus. Latihan menghabiskan banyak waktu para pemain dan pelatih. Jadi kami membiarkan mereka menghabiskan waktu luang mereka dengan cara mereka sendiri," katanya.

"Dengan teknologi, semua orang dapat tetap berhubungan, dan kami memberikan kebebasan dan kreativitas itu kepada mereka."

Mantan pemain nomor satu dunia itu mengatakan persiapan telah berjalan sesuai rencana dan para pemain menuju Tokyo dalam semangat yang baik. Badan nasional juga berkomunikasi erat dengan Dewan Olimpiade Malaysia (OCM) mengenai rencana logistik untuk Olimpiade.

"Dengan Covid-19, segala sesuatunya berkembang dan berubah setiap hari. Kami berhubungan dengan OCM, dan kami akan membuat keputusan tentang rencana perjalanan kami dalam beberapa minggu mendatang."

Para pemain timnas yang dipastikan lolos ke Olimpiade adalah Lee Zii Jia (tunggal putra), Aaron Chia/Soh Wooi Yik (ganda putra), Soniia Cheah (tunggal putri), Chow Mei Kuan/Lee Meng Yean (ganda putri), dan Chan Peng Soon/Goh Liu Ying (ganda campuran).

Artikel Tag: Malaysia, Olimpiade Tokyo 2021

640  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini