Mark Lamsfuss Positif Covid-19, Gelar Ganda Putra Eropa Jadi Milik Rusia

Penulis: Yusuf Efendi
Senin 03 Mei 2021, 00:00 WIB
Mark Lamsfuss Positif Covid-19, Gelar Ganda Putra Kejuaraan Eropa Jadi Milik Rusia

Mark Lamsfuss/[Foto:Badmintoneurope]

Berita Badminton : Dua pemain top dunia, Mark Lamsfuss dan Victor Axelsen serta satu wasit dinyatakan positif Covid-19. Konsekuensinya, dua final Kejuaraan Eropa 2021 akan dibatalkan.

Pada Minggu pagi, pemain tunggal putra asal Denmark, Viktor Axelsen, pemain ganda Jerman, Mark Lamsfuss dan seorang wasit dinyatakan positif Covid-19. Mereka semua diisolasi di kamar mereka di hotel resmi di Kyiv, Ukraina.

Pasangan ganda campuran, Mark Lamsfuss, Isabel Herttrich dan Marvin Seidel, sama-sama terisolasi karena menjadi kontak dekat.

"Saya sangat kecewa dan sedih tentang itu. Kami berada dalam performa terbaik dan kami akan memenangkan medali emas hari ini," kata Mark Lamsfuss.

"Saya sangat menyesal untuk Mark dan Marvin. Berita pagi ini sangat mengejutkan. Tapi kami tahu resiko dan kondisi saat ini. Tentu saja kami harus menerimanya," kata direktur olahraga DBV Martin Kranitz.

Dengan mundurnya Lamsfuss, gelar ganda putra otomatis menjadi milik pasangan veteran asal Rusia, Vladimir Ivanov dan Ivan Sozonov. 

Sebagai konsekuensi dari tiga hasil tes positif, penyelenggara, Federasi Bulutangkis Ukraina dan Bulutangkis Eropa telah memberlakukan pembatasan lebih lanjut pada hari final Kejuaraan Eropa 2021:

- Final tunggal putra dan ganda putra dibatalkan

- Akan ada tidak ada upacara podium untuk tunggal putra dan ganda putra

- Peraih medali perunggu tidak diwajibkan untuk naik podium ganda putri, tunggal putri dan ganda campuran.

- Hanya pejabat teknis yang dites negatif sebelum final yang diizinkan.

Brian Agerbak, Sekretaris Jenderal Badminton Eropa, mengomentari pembatasan tambahan:

"Ini adalah situasi yang sulit bagi semua orang yang terlibat. Hari final adalah hari penting bagi para atlet dan ofisial teknis, tetapi tentu saja keselamatan para atlet dan semua orang yang terlibat tetap menjadi prioritas utama," katanya.

"Kami telah mempertimbangkan semua skenario pagi ini, bahkan sejauh tidak bermain di putaran final hari ini, namun, sebagai refleksi kami telah memutuskan untuk tidak menghilangkan pengalaman bermain para atlet di final Kejuaraan Eropa."

"Pikiran kami tertuju pada atlet yang terkena dampak, tim di sekitar atlet, dan ofisial teknis, dan kami akan melakukan segala daya kami untuk membuat karantina mereka semudah mungkin," tambah Brian Agerbak.

Artikel Tag: Mark Lamsfuss, Marvin Seidel, Kejuaraan Eropa 2021

426  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini