Mantan Pemain Peringkat Satu Dunia Ini Jadi Pelatih di Jerman

Penulis: Yusuf Efendi
Sabtu 27 Jun 2020, 00:00 WIB
Mantan Pemain Peringkat Satu Dunia Ini Jadi Pelatih di Jerman

Cheng Wenxin/[Foto:SinaSports]

Berita Badminton : Cheng Wenxin, 38 tahun, mantan pemain spesialis ganda putri peringkat 1 dunia asal Taiwan, diundang oleh Federasi Badminton Jerman tahun lalu untuk bekerja sebagai pelatih ganda putri dan ganda campuran tim nasional Jerman. Tujuannya adalah untuk membantu pemain lolos ke Olimpiade Tokyo.

Cheng Wenxin, yang lahir dalam keluarga bulu tangkis, menunjukkan bakatnya yang luar biasa ketika ia masih muda. Ia mulai berlatih pada usia 2 tahun dan memulai debutnya pada usia 7 tahun. Ia berpasangan dengan Jian Yujin pada tahun 2009 dan menduduki peringkat 1 dunia ganda putri, serta memenangkan medali perunggu Kejuaraan Dunia 2010.

Sayangnya, karena kepribadian mereka yang berbeda, keduanya berpisah setelah Olimpiade London 2012. Cheng Wenxin berpasangan dengan pemain lain. Pada 2016, ia tidak memiliki kesempatan untuk tampil di Olimpiade Rio. Tanpa diduga, ia menciptakan kejutan lain.

Pada bulan Mei 2016, Cheng Wenxin setuju untuk bekerja di bawah Federasi Badminton Malaysia untuk menjadi pelatih tim muda. Dua tahun kemudian, karena ibunya menderita adenokarsinoma paru-paru, Cheng Wenxin memutuskan untuk kembali ke Taiwan demi mengurus keluarganya.

Pada tahun 2018, ia pergi ke klub Jepang untuk bekerja sebagai pelatih paruh waktu. Di bawah rekomendasi seorang teman, ia memutuskan untuk pergi ke Jerman dan melatih sektor ganda di sana.

Awal tahun ini, Cheng Wenxin harus kembali ke Taiwan untuk berkumpul dengan keluarganya, tetapi menghadapi mewabahnya pandemi Covid-19, membuatnya tidak mungkin untuk kembali ke rumah.

Namun, ketika tim Taiwan sementara dibatalkan di German Open, Cheng Wenxin mengatur agar tim Taiwan pindah kandang dan membiarkan Tai Tzu Ying dan Chou Tien Chen mempertahankan rencana pelatihan mereka.

Kontrak dengan tim nasional Jerman pada awalnya sampai akhir tahun, tetapi Olimpiade Tokyo yang terpaksa ditunda karena pandemi Covid-19, membuat Federasi Badminton Jerman secara langsung memperbarui kontrak dengan Xiaoxin hingga akhir tahun depan.

Artikel Tag: Cheng Wenxin, Badminton Taiwan, Badminton Jerman

3372  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini