Mantan Pelatih Indonesia & Malaysia Bergabung Dengan Federasi Badminton China

Penulis: Yusuf Efendi
Sabtu 07 Sep 2019, 22:00 WIB
Mantan Pelatih Indonesia & Malaysia Bergabung Dengan Federasi Badminton China

Lee Chong Wei-Li Mao/[Foto:AFP]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : China semakin menunjukkan keseriusan mereka menatap kejuaraan akbar Olimpiade Tokyo 2020 mendatang, di mana mereka merekrut mantan pelatih Pelatnas PBSI dan juga BAM Malaysia, Li Mao.

Li Mao adalah mantan pelatih Pelatnas Cipayung pada tahun 2011 hingga 2012 setelah sebelumnya melatih tim nasional Malaysia (2005-2007) dan Korea Selatan (2010).

Berbarengan dengan penunjukan Li Mao, Federasi Badminton China dua hari lalu juga mengumumkan mantan pelatih kepala Federasi Badminton Korea Selatan, Kang Kyung Jin untuk menjadi pelatih ganda putri mereka.

Presiden Federasi Badminton China, Zhang Jun mengatakan bahwa perekrutan ini memungkinkan tim China berada dalam posisi yang strategis menatap Olimpiade Tokyo 2020.

"Korea Selatan memiliki cara yang unik untuk melatih para pemain ganda. Saya berharap mereka akan membawa beberapa metodologi pelatihan ganda Korea, bergabung dengan kekuatan kami untuk mencapai hasil yang mengesankan," kata Zhang.

Zhang juga sangat memuji pelatih baru, Li Mao yang mau bergabung dengan mereka.

"Meminta Li Mao untuk bergabung kembali dengan kami akan membantu memperkuat sektor tunggal putra dan lebih meningkatkan kemampuan pemain muda kami secara keseluruhan," tambah Zhang.

Berbicara tentang Li Mao, Ia adalah pelatih yang berhasil mengorbitkan seorang Lee Chong Wei pada tahun 2005 sebelum keluar dari BAM karena terlihat perselisihan dengan manajemen.

"Terlalu rumit melatih Malaysia. Saya mengikuti tim Korea Selatan untuk tampil di luar negeri dan semua pemain mereka bersatu. Namun justru saya menemukan tunggal dan ganda di Malaysia saling bersaing. Mereka tidak saling mendukung. Jika tunggal berhasil dengan baik, sektor ganda tidak bahagia dan sebaliknya. Jadi itu bukan kondisi yang saya inginkan untuk bekerja lagi," kata Li Mao kala itu.

Sementara saat di Indonesia, Li Mao direkrut oleh PBSI untuk mengorbitkan Simon Santoso dan kawan-kawan saat itu. Namun kegagalan Indonesia di Piala Thomas dan Uber membuat pelatih asal China itu keluar dari Pelatnas tahun 2012..

Artikel Tag: Li Mao, Kang Kyung Jin, China, Korea Selatan, PBSI, bam

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/mantan-pelatih-indonesia-malaysia-bergabung-dengan-federasi-badminton-china
16877  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini