Mantan Juara All England, Hafiz Hasyim Pangkas Berat Badan Selama MCO

Penulis: Yusuf Efendi
Sabtu 27 Feb 2021, 15:00 WIB
Mantan Juara All England, Hafiz Hasyim Pangkas Berat Badan Selama MCO

Hafiz Hasyim Bersama Keluarga/[Foto:Thestar]

Berita Badminton : Mantan juara tunggal putra All England, Hafiz Hasyim bukanlah pelatih bulu tangkis biasa, tetapi orang yang berusaha untuk menjadi contoh yang baik. Pelatih tim junior nasional Malaysia berusia 39 tahun itu menunjukkan bahwa seseorang dapat menurunkan berat badan jika dia memutuskan untuk melakukannya.

Dan dia melakukannya dengan menurunkan 10 kilogram dalam sebulan. Hafiz Hasyim, yang berdiri dengan tinggi 1,88m, telah menambah beberapa kilo selama perintah kontrol gerakan (MCO) pada awal tahun ini.

Itu tidak banyak tapi dia tahu dia bisa kelebihan berat badan jika tidak ada yang dilakukan untuk mengatasinya. Dia mengatasi pertarungan pikiran dan mulai berolahraga, mengurangi asupan makanannya, dan mengatakan tidak pada Teh Tarik, jus, dan minuman berkarbonasi favoritnya.

“Saya memiliki berat badan sekitar 92kg pada awal tahun dan bertambah sekitar empat kilogram dalam sebulan. Saya merasa tidak nyaman, malas, dan kembung,” aku Hafiz, yang melatih tim putra U-15 di Akademi Bulu Tangkis Malaysia (ABM) di bawah asuhan Datuk Misbun Sidek.

“Kami memiliki pelatihan virtual selama MCO untuk pemain laki-laki tetapi ini tidak seperti aktivitas sehari penuh. Saya biasa berdebat dengan anak laki-laki saya tetapi sekarang, saya menginstruksikan dan melihat mereka melakukan latihan dan sementara itu, saya akan minum beberapa minuman manis."

“Saya memiliki sedikit aktivitas fisik di rumah. Saya juga mengasuh ketiga anak saya, termasuk anak perempuan saya yang berumur satu tahun, karena istri saya harus bekerja dari rumah," ungkapnya.

“Saya juga makan berlebihan. Saya akan sarapan berat dan makan lagi jam 10 pagi. Lalu, makan siang jam 12 siang. Pukul 2 siang, saya kembali ke dapur mencari makanan."

“Jam 4 sore, itu goreng pisang (banana fritters) dan apa yang tidak. Kemudian, makan malam jam 6 sore dan sekitar jam 10 malam, saya kembali menggeledah dapur lagi. Rasanya seperti enam kali makan dalam sehari!"

“Namun pada 2 Februari, saya memutuskan untuk mengubah gaya hidup MCO saya. Saya memakai sepatu joging dan berlari beberapa kilometer di pagi hari. Saya menghentikan semua ngemil, mengurangi makanan dan terus minum air."

“Beberapa hari pertama sangat sulit. Itu adalah perjuangan untuk mengikuti rutinitas baru. Saya ingat hari-hari bermain saya, dan bagaimana saya melewati banyak rintangan. Saya secara mental cukup kuat untuk melakukannya. Akhirnya, saya merasa lebih ringan, lebih baik dan lebih bugar. Dan pada 24 Februari ketika saya menimbang diri saya sendiri, saya bahkan mengejutkan diri saya sendiri. Saya turun 10kg!” Ia menjelaskan.

Hafiz Hasyim mengatakan dia tahu pentingnya pelatih untuk bugar secara fisik.

“Pemain sedang menonton. Pelatih harus memberikan contoh yang benar. Saya tidak mengalami obesitas atau kelebihan berat badan, tetapi kelebihan berat badan dapat mengubah saya menjadi orang yang lesu. Dan bukan itu yang saya inginkan sebagai pelatih,” katanya.

Sekarang, ketika para pemain melapor untuk tugas minggu depan di tim nasional Malaysia, Hafiz yang lebih ramping dan bugar akan mampu mengimbangi mereka.

Artikel Tag: Hafiz Hasyim, Malaysia, MCO

1323  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini