Malaysia Diharap Lebih Perhatikan Pemain Muda

Penulis: Yusuf Efendi
Jumat 07 Agu 2020, 19:00 WIB
Malaysia Diharap Lebih Perhatikan Pemain Muda

Daren Liew/[Foto:Thestar]

Berita Badminton : Kesalahan bukan masalah. Bukan belajar dari mereka. Dan pebulutangkis independen Daren Liew berharap Federasi Badminton Malaysia (BAM) akan memberikan andil pemain muda mereka, yang saat ini berkompetisi di Divisi Dua, diberikan perhatian dan kesempatan yang sama.

Daren mengingat hari-hari pertamanya bersama BAM ketika dia berada di Skuad Proyek 2006. Dipimpin oleh Rashid Sidek, target tim beranggotakan 14 orang itu adalah meraih medali di Olimpiade London 2012.

Rekan satu timnya kemudian adalah Chong Wei Feng, Tan Chun Seang, Azrihanif Azahar, Lim Kenn, Mohd Syafiq Jamaluddin, Chong Li Qun, Beryno Wong, Mohd Hazwan Jamaluddin, Law Yew Thien, Lee Hock Lai, Hafiz Shaharuddin, Lim Chen Wet dan Raymond Steven .

Mereka semua memiliki harapan yang tinggi dan sangat ingin membuktikan diri tetapi sayangnya program tersebut gagal. Daren, Wei Feng dan mungkin Chun Seang sampai batas tertentu sebelum ia dilarang karena pengaturan pertandingan, melakukannya dengan baik tetapi yang lain gagal mencapai peringkat.

Dan selama hampir satu dekade, Malaysia telah bergantung pada pemain yang sudah biasa, Lee Chong Wei yang sekarang sudah pensiun untuk memenangkan penghargaan bagi negara.

Daren yang berusia 32 tahun berharap Malaysia akan menghasilkan lebih banyak pemain bagus dari angkatan saat ini.

"Ketika saya bergabung dengan skuad Project pada usia 18 tahun, kami memiliki kumpulan pemain yang bagus tetapi beberapa tidak bertahan," kata Daren.

“Masalahnya adalah perhatian diberikan kepada beberapa pemain terpilih dan beberapa pemain berakhir sebagai pemain sparring."

“Turnamennya juga tidak banyak. Ada sistem kuota di sana, mungkin karena kendala anggaran dan tidak semua harus mengikuti turnamen."

“Saya berharap fokus yang sama akan diberikan kepada semua pemain cadangan karena kita tidak akan pernah tahu siapa yang bisa melakukannya. Beberapa anak mengambil waktu untuk matang dalam permainan. Kami tidak bisa hanya bergantung pada satu pemain di level teratas,” ungkap Daren.

Peraih medali perunggu Kejuaraan Dunia 2018 itu mengatakan ada kualitas pada angkatan saat ini setelah berlatih bersama mereka di Akademi Bulu Tangkis Malaysia sejak bulan lalu.

“Mereka memiliki potensi dan saya senang melihat perhatian yang sama diberikan kepada mereka sejauh ini di bawah kepemimpinan Wong Choong Hann (direktur pelatih BAM). Mudah-mudahan ini terus berlanjut karena ini jalan yang harus ditempuh,” tambah Daren.

Daren dan pemain independen lainnya diundang untuk bergabung dengan para pemain BAM sebagai bagian dari persiapan tim untuk kejuaraan Piala Thomas di Aarhus, Denmark, dari 3-11 Oktober.

Artikel Tag: Daren Liew, Lee Zii Jia, Song Joo Ven

1063  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini