Luar Biasa! Juara SEA Games Ini Ternyata Belajar Bulu Tangkis Sejak Usia 4 Tahun

Penulis: Yusuf Efendi
Kamis 30 Apr 2020, 20:00 WIB
Luar Biasa! Juara SEA Games Ini Ternyata Belajar Bulu Tangkis Sejak Usia 4 Tahun

Kisona Selvaduray/[Foto:Thestar]

Berita Badminton : Sebagian besar anak berusia empat tahun akan berlarian di sekitar rumah, nakal dan meninggalkan orang tua mengejar mereka. Namun Kisona Selvaduray dengan ayah seorang polisi, A. Selvaduray, selalu disiplin dan sama fokusnya dengan para pemain terbaik saat ia memegang raket bulutangkis pertamanya pada tahun 2002.

Dia mungkin belum mengetahuinya saat itu, tapi itu adalah awal untuk menjadi calon Olimpiade Paris tahun 2024 di sektor tunggal putri.

Ayahnya sebagai pelatih pertamanya menanamkan jenis dorongan, keinginan dan tekad yang diperlukan baginya untuk berada di tempat dia sekarang, setelah memenangkan emas SEA Games 2019 dalam debutnya.

Ayahnya adalah pelatih paruh waktu untuk Negri Sembilan, sementara ibunya, S. Valarmathi serta kakak laki-lakinya, Thinagaran dan Mahendran dan saudara perempuan Kanmani, semuanya memainkan bulu tangkis sampai ke tingkat tertentu.

“Kedua orang tua saya membimbing dan mendorong saya untuk memilih bulu tangkis sebagai karier. Saya tidak bisa main-main ketika saya masih muda karena ayah saya sangat ketat. Jadi, saya mempelajari dasar-dasarnya pada usia yang sangat muda,” katanya.

Rezim pelatihan ketat ayahnya mulai membuahkan hasil ketika Kisona mulai memenangkan gelar di turnamen tingkat sekolah dan muncul sebagai juara termuda di turnamen Dewan Olahraga Sekolah Malaysia, mengantongi gelar tunggal putri dan ganda putri pada tahun 2009 dalam usia 10 tahun.

Lima tahun kemudian, bencana melanda. Pemain kelahiran Seremban ini menderita beberapa cedera saat di Kejuaraan Beregu Campuran Dunia Junior 2014 di Alor Setar, Kedah, dan terpaksa absen selama dua tahun, membuat kariernya terhenti.

Butuh beberapa saat baginya untuk mengembalikan ritme. Tidak sampai Mei 2017 dia kembali di pusat perhatian dengan mengangkat gelar BWF pertamanya dengan meraih kemenangan di Indonesia Internasional Series diikuti kemenangan di Malaysia International Series dua bulan kemudian.

Namun, kejutan terjadi ketika pemain berusia 21 tahun itu ditunjuk sebagai pengganti juara bertahan, Goh Jin Wei (yang menjalani operasi perut) di SEA Games 2019 Filipina, hingga membawa pulang medali emas.

Tidak hanya menentang peluang untuk mempertahankan medali emas tunggal putri untuk Malaysia di Manila November lalu, ia juga menghempaskan beberapa pemain berperingkat lebih tinggi di Kejuaraan Beregu Asia bulan Februari lalu di tempat yang sama.

Artikel Tag: Kisona Selvaduray, bam, Sea Games 2019

2347  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini