Lin Dan, Legenda Bulu Tangkis Yang Terus Menginspirasi

Penulis: Yusuf Efendi
Sabtu 06 Jul 2024, 15:30 WIB
Lin Dan, Legenda Bulu Tangkis Yang Terus Menginspirasi

Lin Dan-Cheam June Wei/[Foto:NST]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Legenda bulu tangkis China , Lin Dan, terus mempertahankan reputasinya sebagai olahraga terhebat sepanjang masa, bahkan setelah ia pensiun.

Setelah pensiun tepat empat tahun yang lalu, warisan juara Olimpiade dua kali ini tetap bertahan saat ia berkontribusi pada olahraga ini, dengan Lin Dan Cup menjadi salah satu kontribusi terbesarnya.

Pada tanggal 16 Juni, pemain independen Malaysia Cheam June Wei menjadi berita utama dengan menghasilkan 200.000 yuan (RM130.000) atau berkisar 500 juta rupiah dalam jumlah besar karena memenangkan Shenzhen Badminton Open di Piala Lin Dan.

Sebagai gambaran, jumlah tersebut hampir setara dengan hadiah uang untuk turnamen Super 500 di BWF World Tour.

Misalnya, ketika juara bertahan Olimpiade asal Denmark, Viktor Axelsen, memenangkan Malaysia Masters pada bulan Mei, ia membawa pulang US$31,500 (RM148,000) atau berkisar 504 juta rupiah.

Lin Dan baru-baru ini menjelaskan mengapa ia mengalokasikan hadiah sebesar itu untuk kompetisi tunggal putra di turnamennya.

Dalam wawancara dengan influencer media sosial, 'Xiao Er Kui Yu Lang Ba', di platform Tiongkok Douyin (setara dengan TikTok), Lin Dan berkata: "Olahraga dapat mengubah kehidupan. Saya berasal dari keluarga yang sangat biasa. Karena usaha saya dan juga bantuan dari banyak pihak, saya mampu berdiri tegak dalam profesi saya.

“Sungguh saya telah mengubah kondisi kehidupan orang tua saya dan juga kehidupan saya sendiri,” katanya.

“Saya tahu banyak pemain muda yang mungkin tidak bisa bergabung dengan tim nasional. Mereka tidak punya platform untuk membuktikan diri, terutama di masyarakat saat ini.”

“Jadi saya menyelenggarakan Piala Lin Dan, khususnya kategori tunggal putra. Pertama, kami telah menaikkan hadiah uang dari 150.000 yuan tahun lalu menjadi 200.000 yuan tahun ini,” ungkanya.

“Selain itu kami memiliki empat hingga lima turnamen per tahun. Ini adalah rencana kami untuk memiliki skala seperti ini. Dari kategori beregu campuran, hadiah uangnya 300.000. Jika seseorang bisa bermain di semua kategori, dia berpotensi mendapatkan total 1,2 juta yuan.”

Super Dan melanjutkan dengan menambahkan bahwa orang-orang yang berkinerja terbaik tidak hanya akan mendapatkan imbalan berupa uang tetapi juga pengakuan yang layak mereka dapatkan.

Dalam kasus Cheam June Wei, kemenangan ini merupakan dorongan signifikan bagi pemain yang telah berjuang untuk mengukir namanya meski pernah disebut-sebut sebagai pemain besar berikutnya di bulutangkis Malaysia.

Citranya mendapat dorongan besar, terutama setelah menang di depan 6.000 penonton di Stadion Bao'an di Shenzhen. Berita kemenangannya diberitakan tidak hanya di Tiongkok, yang berpenduduk 1,4 miliar jiwa, namun juga di seluruh dunia.

Kemenangan ini memberikan keajaiban bagi kepercayaan diri June Wei. Minggu berikutnya, dia mencapai final Kaohsiung Masters Super 100 di Taiwan.

“Saya pikir ini bukan hanya soal uang,” kata Lin Dan.

“Karena Anda akan dikenal oleh lebih banyak orang di platform ini. Lebih banyak orang akan mengenali Anda, jadi menurut saya nilainya menjadi dua kali lipat.”

“Saya harap mereka yang bermain di tunggal putra bisa tetap menjaga semangatnya, karena setiap pemain harus menghadapi kenyataan bahwa stamina dan kemampuannya akan menurun seiring bertambahnya usia.”

“Saya berharap mereka dapat menghargai waktu yang berharga dan terbatas ini untuk menunjukkan bakat dan nilai mereka sebanyak yang mereka bisa.”

Artikel Tag: lin dan, China, Cheam June Wei, Lin Dan Cup

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/lin-dan-legenda-bulu-tangkis-yang-terus-menginspirasi
375  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini