Legenda Malaysia Berharap Kemenangan di SEA Games Terus Menginspirasi Pemain

Penulis: Yusuf Efendi
Jumat 20 Des 2019, 18:30 WIB
Legenda Malaysia Berharap Kemenangan di SEA Games Terus Menginspirasi Pemain

Aaron Chia Hsin-Soh Wooi Yik/[Foto:Thestar]

Berita Badminton: Jangan puas dengan medali emas di SEA Games. Itu adalah nasihat dari mantan pemain tim nasional Malaysia, Cheah Soon Kit, karena dia tidak ingin para pemain terlena setelah sukses di kejuaraan di SEA Games Filipina beberapa waktu lalu.

Malaysia memenangkan tiga medali emas melalui Lee Zii Jia (tunggal putra), Kisona Selvaduray (tunggal putri) dan Aaron Chia/Soh Wooi Yik (ganda putra).

Soon Kit yang kini berusia 51 tahun, yang telah memenangkan total empat medali emas di kejuaraan SEA Games, yakni di beregu putra pada 1989 dan 1991 dan perorangan ganda putra pada 1993 dan 1995, mengatakan bahwa kemenangan di SEA Games harus menjadi langkah besar untuk hal-hal yang lebih besar. Soon Kit mengatakan bahwa para pemain muda Malaysia harus meniru apa yang dilakukan oleh pemain Indonesia.

Beberapa pemain top Indonesia seperti Jonatan Christie, Anthony Ginting (tunggal putra) hanya ikut ambil bagian di turnamen beregu, sementara ganda putra peringkat 1 dunia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dan peringkat 2 dunia, Mohd Ahsan/Hendra Setiawan absen di SEA Games dan fokus pada World Tour Finals di Guangzhou, China.

Anthony kalah dalam pertandingan mendebarkan melawan pemain peringkat 1 dunia asal Jepang, Kento Momota di final Guangzhou, sementara Ahsan/Hendra selangkah lebih baik dengan memenangkan gelar ganda putra.

“Memenangkan medali emas SEA Games sangat bagus tetapi para pemain tidak boleh terlalu bersemangat. Ini adalah batu loncatan positif ... mereka sekarang harus melihat dengan baik di kejuaraan yang lebih besar,” kata Soon Kit, yang juga peraih medali perak ganda putra Olimpiade pada tahun 1996 dengan Yap Kim Hock.

“Lihat saja Indonesia, mereka fokus di luar SEA Games. Mereka menggunakan SEA Games untuk menerjunkan para pemain muda mereka,” jelasnya.

Dia berharap para pemenang SEA Games Malaysia dapat menjaga momentum yang akan dimulai di Malaysia Masters pada 7-12 Januari 2020 mendatang.

"Saya harap mereka akan tetap lapar untuk kesuksesan yang lebih besar," tegasnya.

Artikel Tag: Lee Zii Jia, Aaron Chia Hsin, Soh Wooi Yik, Sea Games 2019

636  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini