Lee Chong Wei Yakin Lee Zii Jia Mampu Mengemban Tugas Berat di Piala Thomas

Penulis: Yusuf Efendi
Kamis 09 Sep 2021, 15:30 WIB
Lee Chong Wei Yakin Lee Zii Jia Mampu Mengemban Tugas Berat di Piala Thomas

Lee Chong Wei-Lee Zii Jia/[Foto:Thestar]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Ikon bulu tangkis Malaysia, Lee Chong Wei ingin melihat penggantinya Lee Zii Jia mengambil tempat yang dia tinggalkan sebagai tunggal pertama di kejuaraan Piala Thomas 2020.

Lee Zii Jia yang berusia 23 tahun akan memimpin tim Malaysia di Aarhus Finals dari 9-17 Oktober, menandai pertama kalinya dalam 15 tahun bahwa mereka akan bermain tanpa Lee Chong Wei yang berpengaruh.

Sejak edisi 2006 di Jepang, kehadiran Lee Chong Wei telah menjamin tim untuk meraih kemenangan di hampir setiap pertandingan, memberikan 24 dari kemungkinan 27 poin dari tugas tunggal pertamanya.

Lee Chong Wei juga tidak terkalahkan selama 14 pertandingan dari edisi New Delhi pada tahun 2014 hingga penampilan terakhirnya di Bangkok, di mana ia membawa Malaysia ke babak perempat final.

Dan peraih medali perak Olimpiade tiga kali itu berharap Zii Jia dapat melakukan hal yang sama untuk tim meskipun ini adalah pertama kalinya dia mengambil peran utama.

“Zii Jia memiliki tugas besar. Tapi ini adalah tanggung jawab yang harus dipikulnya karena dia adalah pemain tunggal putra nomor satu di negara ini,” kata Chong Wei, yang delapan kali tampil di Piala Thomas.

“Menjadi yang pertama berperang, dia adalah pemimpin tim dan tugasnya adalah mendapatkan poin pertama dengan segala cara. Pasti akan sulit karena saya telah mengalaminya sendiri pada tahun 2006."

“Ini bisa menjadi luar biasa karena bermain di tunggal pertama berarti Anda akan melawan pemain nomor satu dari negara lain. Saat itu saya menghadapi Peter Gade (dari Denmark) dan Lee Hyun-il (Korea Selatan).”

Malaysia akan menurunkan tim muda dengan peraih medali perunggu Olimpiade, Aaron Chia/Soh Wooi Yik memimpin ganda putra, tetapi Chong Wei bersikeras bahwa menjadi underdog tidak berarti mereka tidak bisa ambisius.

“Saya harap semua orang di tim, terutama Zii Jia dan Aaron/Wooi Yik tidak menganggap enteng Piala Thomas. Mereka harus memberikan semua yang mereka miliki dan memimpin dengan memberi contoh,” katanya.

“Jika mereka mampu membuat Malaysia unggul 2-0, maka segalanya mungkin terjadi karena Anda akan menempatkan lawan Anda di bawah tekanan. Dalam acara beregu, Anda tidak hanya bermain untuk diri sendiri. Seluruh tim akan mengandalkan Anda," ungkapnya.

“Ketika saya bermain di single pertama, saya selalu ekstra fokus karena saya tahu saya tidak bisa mengecewakan tim.”

Di Aarhus, Denmark, Malaysia berada di Grup D bersama Jepang, Inggris, dan Kanada. Pertandingan ulang perempat final All England antara Zii Jia dan peringkat 1 dunia, Kento Momota akan segera terjadi, dengan Toby Penty dari Inggris dan Brian Yang dari Kanada kemungkinan menjadi dua lawan Zii Jia di babak penyisihan grup.

Jika Malaysia maju, Zii Jia bisa diadu dengan peraih podium Olimpiade Tokyo, Victor Axelsen dari Denmark, Chen Long dari China, Anthony Ginting dari Indonesia atau Chou Tien-chen dari Taiwan, tergantung pada undian sistem gugur.

Artikel Tag: lee chong wei, Lee Zii Jia, Piala Thomas 2020

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/lee-chong-wei-yakin-lee-zii-jia-mampu-mengemban-tugas-berat-di-piala-thomas
1143  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini