Lee Chong Wei Ungkap Penyesalan Terbesar dalam Kariernya

Penulis: Yusuf Efendi
Sabtu 15 Jun 2019, 15:30 WIB
Lee Chong Wei Ungkap Penyesalan Terbesar dalam Kariernya

Lee Chong Wei/[Foto:AFP]

Berita Badminton : Dalam karirnya yang gemilang selama 19 tahun, legenda bulu tangkis Malaysia, Lee Chong Wei tidak mampu memenangkan emas di dua kejuaraan besar, yakni Olimpiade dan juga Kejuaraan Dunia.

Chong Wei mencapai enam final utama, yakni tiga Olimpiade (2008, 2012, 2016) dan tiga Kejuaraan Dunia (2011, 2013, 2015) namun capaian tertinggi gagal Ia peroleh.

Setelah mengumumkan pengunduran dirinya kemarin (13/6), mantan pemain berusia 36 tahun itu sekarang berharap dapat memainkan perannya sebagai pejabat dalam membantu Malaysia memenangkan medali emas Olimpiade.

Menteri Olahraga Syed Saddiq Syed Abdul Rahman, yang hadir pada konferensi pers kemarin, menyampaikan kabar bahwa Chong Wei telah dinominasikan untuk menjadi Chef-de-Mission (CDM) untuk kontingen Malaysia di Olimpiade Tokyo tahun depan.

"Penyesalan terbesar saya jelas tidak mampu memenangkan medali emas yang sulit diraih di turnamen besar ini tetapi saya telah melakukan yang terbaik untuk negara," kata Chong Wei.

“Saya sekarang menyerahkannya kepada YB Syed Saddiq dan Datuk Seri Norza Zakaria (presiden BAM) untuk mewujudkan impian ini."

“Ini masih impian saya, dan meskipun saya tidak bisa mencapainya sebagai pemain, saya berharap melihat atlet Malaysia lainnya mencoba untuk memenangkannya. Saya berjanji untuk melakukan yang terbaik yang saya bisa setelah dipercayakan menjadi CDM," tambah Chong Wei.

Pemain kelahiran Penang itu menambahkan bahwa ia tidak tahu apa yang ada di depannya dalam hal tantangan baru, setelah mendedikasikan hampir setengah hidupnya untuk bulu tangkis.

“Sejujurnya, satu-satunya tantangan yang dapat saya pikirkan saat ini adalah untuk memenuhi janji yang saya buat kepada istri saya (Wong Mew Choo). Bulan madu kami sudah lama tertunda, kami telah menahannya sejak kami menikah pada 2012," kata Chong Wei.

“Selain itu, saya belum bisa memikirkan tantangan apa pun. Saya butuh banyak istirahat sekarang,” lanjutnya.

Chong Wei, yang didiagnosis menderita kanker hidung tahun lalu, akhirnya menyerahkan waktu dalam karirnya, mengakui bahwa ia tidak dapat kembali ke performa terbaik.

Meskipun telah bebas dari kanker, Chong Wei telah disarankan oleh dokternya di Taiwan untuk tidak menempatkan tubuhnya yang menua di bawah tekanan yang tidak semestinya hingga akhirnya memutuskan untuk pensiun.

Artikel Tag: lee chong wei, Wong Mew Choo, Pensiun, olimpiade tokyo 2020

3317  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa
Andy
Andy
17 Juni 2019 09:14
Permainan LCW sangat bersih dari permainan kotor. Meski sempat di vonis doping,saya yakin itu bkn karena kesengajaan.Sedih tak bisa lagi melihat LCW berlaga .
Terima kasih, balasan untuk komentar ini sedang dimoderisasi.
160 karakter tersisa