Lee Chong Wei Minta Para Fans Bersabar Setelah Kegagalan di Asian Games

Penulis: Yusuf Efendi
Senin 09 Okt 2023, 23:00 WIB
Lee Chong Wei Minta Fans Bersabar Setelah Kegagalan di Asian Games

Lee Chong Wei-Lin Dan/[Foto:AFP]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Mantan pemain peringkat 1 dunia Lee Chong Wei meminta para penggemar bulu tangkis Malaysia untuk tidak menyerah pada skuad bulu tangkis Malaysia meski penampilan mereka beragam di Asian Games Hangzhou.

Para pemain Malaysia gagal mencapai target dua perak dan satu perunggu, mengakhiri kampanye Asiam Games mereka dengan satu perunggu, yang diraih oleh mantan juara dunia ganda putra Aaron Chia/Soh Wooi Yik.

Chong Wei, mantan peraih medali perak Asian Games, berada di Hangzhou untuk mendukung kontingen Malaysia sebagai anggota komite Road to Gold (RTG).

Menyusul tersingkirnya Aaron/Wooi Yik di semifinal pada hari Jumat, Chong Wei bertemu dengan pers Malaysia untuk membahas apa yang diharapkan dari komite RTG.Bulan lalu, koordinator program RTG Datuk Stuart Ramalingam mengungkapkan bahwa atlet yang mengikuti program tersebut akan ditinjau setelah Asian Games.

Ketika ditanya apakah ada pemain yang akan dikeluarkan dari program, Lee Chong Wei berkata: “Untuk saat ini, belum ada yang diputuskan. Kami akan mengadakan pertemuan pada 12 Oktober untuk membahas hal ini,” katanya.

“Saya tahu bahwa kami gagal mencapai target kami di bulutangkis, namun saya berharap para penggemar dan semua orang di kampung halaman tidak kehilangan kepercayaan terhadap atlet kami. Dengan dukungan semua orang, saya yakin para pemain dapat belajar dari kekalahan mereka dan menjadi lebih kuat di masa depan.”

"Saya sudah mengikuti empat Olimpiade. Yang bisa saya lakukan adalah berbagi pengalaman dengan para pemain."

Lee Chong Wei juga membahas penampilan dua pemain tunggal putra Malaysia, mantan juara All England Lee Zii Jia dan peringkat 19 dunia Ng Tze Yong.

Baik Zii Jia dan Tze Yong kalah di pertandingan masing-masing selama acara beregu dan mencapai perempat final acara individu.

Zii Jia bertarung dengan gagah berani tetapi kalah dari H. S. Prannoy dari India, sementara Tze Yong menganggap runner-up Kejuaraan Dunia Kodai Naraoka dari Jepang terlalu tangguh untuk ditangani.

Zii Jia telah meningkat, dan gaya permainannya telah berubah. Dia sekarang bermain lebih sabar dan tidak hanya mengandalkan kekuatan menyerangnya.

“Dia terlibat dalam konfrontasi multi-serangan, yang bermanfaat bagi perkembangannya. Kami berharap dia terus maju ke level berikutnya,”katanya.

“Kalau Tze Yong, saya sudah bicara dengan pelatih Rexy Mainaky dan Hendrawan untuk mencari cara meningkatkan permainannya. Dari segi strategi, dia sudah menunjukkan peningkatan, tapi dia perlu melatih kekuatan tubuh bagian bawahnya. Gerak kakinya harus lebih kuat. Hal itu terlihat pada pertandingannya melawan Naraoka.”

“Usai game pertama, Tze Yong kesulitan mengimbangi kecepatan lawan. Dia sadar akan hal itu,” tambah Chong Wei mengakui padatnya jadwal pemain untuk pulih dan tampil maksimal.

Chong Wei menambahkan: "Para pemain tidak punya banyak waktu. Besok (hari ini), mereka berangkat ke Finlandia untuk mengikuti Super 500 Clash of Clans Open. Pemain seperti Tze Yong perlu berjuang untuk mendapatkan poin peringkat Olimpiade dan meningkatkan peringkat dunia mereka dengan cepat."

Pada Asian Games sebelumnya di Jakarta-Palembang, skuad bulu tangkis Malaysia kembali dengan tangan hampa.

Pada tahun 2014 di Incheon, Lee Chong Wei memimpin skuadnya meraih empat medali perunggu.

Malaysia terakhir kali meraih medali emas saat ganda putra Koo Kien Keat/Tan Boon Heong meraih kemenangan di Asian Games Doha 2006.

Artikel Tag: lee chong wei, Asian Games 2023

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/lee-chong-wei-minta-para-fans-bersabar-setelah-kegagalan-di-asian-games
693  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini