Lee Chong Wei Ingin Menginspirasi Para Pemain Muda di Tim Nasional

Penulis: Yusuf Efendi
Minggu 05 Feb 2023, 19:00 WIB
Lee Chong Wei Ingin Menginspirasi Para Pemain Muda di Tim Nasional

Ng Tze Yong-Lee Chong Wei/[Foto:Thestar]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Peran mantan pemain peringkat 1 dunia Datuk Lee Chong Wei sebagai anggota Panel Penasihat Teknis Academy Badminton Malaysia (ABM) bukan untuk menaungi tetapi untuk menginspirasi generasi pebulutangkis saat ini.

Lee Chong Wei, pebulutangkis paling berprestasi di Malaysia dengan tiga medali perak Olimpiade (2008, 2012 dan 2016), adalah salah satu dari tujuh pebulu tangkis yang ditunjuk oleh Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM) untuk panel tersebut.

Pebulu tangkis lainnya dalam panel beranggotakan 14 orang itu adalah Ong Ewe Hock, Roslin Hashim, Koo Kien Keat, Tan Boon Heong, Datuk Seri Jalani Sidek, dan Datuk Cheah Soon Kit.

Anggota panel lainnya adalah presiden BAM Tan Sri Norza Zakaria, yang akan menjabat sebagai ketua, direktur jenderal Dewan Olahraga Nasional Datuk Ahmad Shapawi Ismail, kepala eksekutif Institut Olahraga Nasional Ahmad Faedzal Ramli, mantan CEO Institut Olahraga Nasional Datuk Dr Ramlan Abd Aziz, Sekjen BAM Datuk Kenny Goh serta anggota dewan BAM Datuk Teoh Teng Chor dan Datuk Ng Chin Chai.

"Kami telah menerima undangan ini untuk menjadi bagian dari panel penasehat teknis di mana kami ingin membantu dengan cara apa pun yang kami bisa untuk membantu BAM mengembangkan pemain untuk masa depan,” kata Chong Wei.

“Kami di sini bukan untuk membandingkan hasil dan pencapaian generasi kami dengan generasi saat ini, tetapi peran kami adalah berbagi pengalaman dan menginspirasi para pemain. Saya akan terus berkontribusi untuk masa depan bulu tangkis di negara ini," ungkapnya. 

“Kami ingin berbagi pengalaman kami sebagai pemain. Saya sudah bersama BAM selama 19 tahun, saya pikir saya paling lama bersama mereka, dan berharap apa yang saya dan pemain lain akan bagikan dapat membantu dan menginspirasi para pemain. Panel memiliki tujuh pemain dan kami semua memiliki pengalaman berbeda dan banyak informasi serta pengetahuan untuk dibagikan.”

Ada beberapa pihak yang mengklaim bahwa kehadiran Lee Chong Wei akan menambah tekanan, tetapi pemain berusia 40 tahun itu menegaskan dia ada di panel untuk memberikan kembali kepada olahraga yang membuatnya menjadi superstar global.

“Ada orang yang berkomentar bahwa 'kembalinya Datuk Wira Lee Chong Wei bisa meningkatkan tekanan pada pemain'. Itu bukan tujuan kami,” tambah Chong Wei.

“Kami tidak akan menekan para pemain untuk mencapai hasil yang sama seperti yang kami raih, tetapi hanya memberikan beberapa petunjuk tentang bagaimana kami berhasil melakukannya di turnamen yang berbeda di level yang berbeda."

“Kami tahu bahwa tidak semuanya akan diadopsi oleh BAM atau para pemain tetapi kami akan senang jika masukan kami membawa hasil yang positif. Kami belum bisa bicara banyak sekarang karena pertemuan pertama baru akan berlangsung nanti. Kami akan memiliki ide yang jelas setelah dua atau tiga pertemuan untuk menghasilkan beberapa solusi dan ide untuk bergerak maju," Ia menambahkan. 

Chong Wei sering memberikan bantuan pribadi kepada pemain saat ini dan mantan pemain dan dia akan dengan senang hati melakukan hal yang sama dalam kapasitas formal di panel.

Artikel Tag: lee chong wei, ng Tze Yong

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/lee-chong-wei-ingin-menginspirasi-para-pemain-muda-di-tim-nasional
701  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini