Lee Chong Wei Dorong Para Pemain Agar Tetap Kuat Hadapi Pandemi

Penulis: Yusuf Efendi
Selasa 29 Sep 2020, 03:00 WIB
Lee Chong Wei Dorong Para Pemain Tetap Kuat Selama Pandemi

Lee Chong Wei/[Foto:Thestar]

Berita Badminton : Lee Chong Wei memberi tahu para pemain untuk tetap kuat dan menggunakan bulan-bulan yang tersisa selama pandemi untuk mengatasi kelemahan menjelang musim baru.

Demikianlah kata-kata harapan dan dorongan dari mantan pemain nomor satu dunia, Lee Chong Wei setelah mengetahui tentang penundaan World Tour Asia hingga Januari.

Pada hari Jumat, Federasi Badminton Dunia (BWF) mengumumkan bahwa mereka tidak lagi dapat menyelenggarakan tiga turnamen di Bangkok pada bulan November karena masalah Covid-19. Sebaliknya, musim 2020 akan berakhir pada Januari tahun depan dengan BWF World Tour Finals.

"BWF berada di bawah tekanan yang luar biasa. Bahkan saya tidak senang ketika mereka ingin melaju ke kejuaraan Piala Thomas dan Uber," kata Chong Wei.

Namun, menunda leg Asia hingga tahun depan adalah hal yang benar untuk dilakukan. Bagaimanapun, BWF harus membuat keputusan sulit untuk olahraga tersebut.

"Saran saya adalah tetap kuat. Kami memiliki tiga bulan lagi untuk melihat bagaimana kami bisa memiliki awal yang lebih baik untuk musim baru."

"Saya mengerti bahwa para pemain mulai cemas. Saat saya bermain, bahkan berada di pinggir lapangan selama dua bulan pun sulit," ungkapnya.

"Tapi apa yang bisa kita lakukan? Apakah kita akan duduk-duduk, mengeluh dan tidak melakukan apa-apa? Sekuat apapun itu, pemain harus memaksakan diri hingga batasnya. Gunakan periode ini untuk melihat berapa banyak yang bisa dilakukan setahun sebelum Anda memulai dengan segar," tambah Chong Wei.

Sementara sebagian besar olahraga utama di seluruh dunia telah dilanjutkan selama beberapa bulan terakhir, BWF belum dapat memulai musim sejak menangguhkannya pada bulan Maret.

Awalnya, bulu tangkis internasional dijadwalkan untuk dilanjutkan dengan kejuaraan Piala Thomas dan Uber di Denmark pada 3-11 Oktober, diikuti oleh Denmark Open pada 13-18 Oktober dan Denmark Masters pada 20-25 Oktober.

Tetapi dengan banyak yang masih takut untuk bepergian ke luar negeri, BWF terpaksa menunda Piala Thomas dan Uber hingga tahun depan. Badan dunia itu juga membatalkan Denmark Masters, dan hanya berlanjut dengan Denmark Open pada pertengahan Oktober.

Media asing ramai dengan apa yang tampak seperti para pemain Asia memboikot leg Eropa, tetapi semua itu sirna ketika badan dunia mengumumkan penundaan leg Asia pada hari Jumat.

"Sulit untuk berada di posisi BWF. Mereka tidak bisa menyenangkan semua orang. Saya merasa mereka membuat keputusan yang tepat. Bahkan jika leg Asia akan berjalan sesuai rencana pada November, orang Eropa mungkin tidak dapat melakukan perjalanan," kata Chong Wei.

"Para pemain India mungkin juga tidak datang. Kami tidak tahu apa yang akan terjadi nanti. Kami tidak punya pilihan selain tetap tenang dan berani menghadapi pandemi ini. Ini juga akan berlalu," tegas Lee Chong Wei.

Artikel Tag: lee chong wei, Pandemi, Tour

623  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini