Lee Chong Wei Bicara Soal Kasus Doping Yang Menimpa Atlet Malaysia

Penulis: Yusuf Efendi
Sabtu 07 Okt 2017, 19:36 WIB
Lee Chong Wei Bicara Soal Kasus Doping Yang Menimpa Atlet Malaysia

Lee Chong Wei/[Foto:Channelnews]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton: Pebulutangkis tunggal putra Malaysia yang juga peraih medali perak tiga kali Olimpiade, Lee Chong Wei, mendesak semua pihak termasuk atlet yang terlibat kasus doping untuk tetap kuat dan tenang setelah ada laporan bahwa salah satu atlet Malaysia, Juara SEA Games 2017, gagal tes doping yang diadakan di India.

Awal pekan lalu, kantor berita nasional Bernama menyatakan bahwa ada atlet renang wanita yang tidak disebutkan namanya - peraih medali emas di SEA Games 2017 yang diadakan di Kuala Lumpur pada Agustus lalu - dinyatakan positif mengonsumsi sibutramine dosis rendah dalam tes doping yang dilakukan di laboratorium New Delhi India.

Satu dari tiga atlet yang menjalani tes, terbukti positif menggunakan doping, diminta untuk hadir dalam tes sampel B-nya dan menghadapi kemungkinan dicabut medali emas yang diperolehnya dan larangan tampil hingga empat tahun jika pemeriksaan kedua juga menunjukan hasil positif.

Sontak berita tersebut membuat heboh federasi olahraga Malaysia terutama karena National Sports Council (NSC) yakin bahwa tidak ada atlet Malaysia yang gagal dalam tes doping di kejuaraan.

Chong Wei yang pernah mengalami kasus serupa menawarkan saran dan tangggapan kepada atlet bagaimana menghadapi larangan doping ini.

"Gagal tes doping benar-benar berat bagi atlet, saya tahu karena saya pernah melewatinya," kata Chong Wei.

"Ini sangat sulit bagi seorang atlet karena setiap tahun ada zat baru yang ditambahkan ke daftar obat terlarang yang tidak boleh dikonsumsi," tambah pemain berusia 34 tahun tersebut yang juga ditarik medali peraknya setelah gagal melakukan tes doping pasca Kejuaraan Dunia 2014 lalu.

"Yang terbaik yang bisa dilakukan oleh seorang atlet adalah tetap kuat dan percaya pada National Sports Institute (NSI) yang bisa membantu mereka."

Mantan pebulutangkis nomor satu dunia Lee Chong Wei, yang gagal dalam tes kandungan deksametason kortikosteroid anti-inflamasi, menambahkan bahwa kasus itu adalah tanggung jawab semua atlet untuk memastikan bahwa mereka benar-benar memantau makanan yang mereka konsumsi.

"Kita perlu ekstra hati-hati terutama dengan apa yang kita makan dan nutrisi yang kita konsumsi. Dan Itulah mengapa makanan terbaik adalah makanan yang sudah diperiksa oleh NSI," tambah Lee.

Malaysia berhasil menjadi juara umum SEA Games 2017 lalu dengan raihan 145 medali emas. Namun hasil positif doping tersebut mengejutkan Kepala Anti-Doping Malaysia (Adamas) S. Nishel Kumar.

"Bersama NSC, kami telah melakukan tes, seminar dan lebih banyak lagi untuk semua atlet yang terlibat di SEA Games sejak Oktober tahun lalu," kata Kumar saat diminta untuk mengomentari kasus tersebut.

"Ini adalah pertanyaan yang sangat sulit, karena kami melakukan tes kami secara acak. Atlet tersebut bisa mengkonsumsi zat terlarang setelah hasil pengujian negative," tambahnya.

Artikel Tag: lee chong wei, doping, NSC, sea games 2017

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/lee-chong-wei-bicara-soal-kasus-doping-yang-menimpa-atlet-malaysia
2322  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini