Leani Ratri Oktila, Talenta Bulu Tangkis Para Terbaik Dunia Asal Indonesia

Penulis: Yusuf Efendi
Selasa 07 Sep 2021, 14:00 WIB
Leani Ratri Oktila, Talenta Bulu Tangkis Para Terbaik Dunia Asal Indonesia

Leani Ratri Oktila/[Foto:Badmintonlovers]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Leani Ratri Oktila adalah pemain bulu tangkis para asal Indonesia, yang saat ini menduduki peringkat 1 dunia di tunggal putri SL4. Ia juga berlaga di kategori ganda putri SL3-SU5 dan ganda campuran SL3-SU5.

Leani Ratri Oktila adalah salah satu pebulu tangkis para paling sukses di Indonesia dan bahkan dianugerahi Pemain Bulu Tangkis Para Wanita Para Tahun 2018 dan 2019 oleh BWF! Seperti yang ditunjukkan oleh karirnya yang luar biasa sejauh ini, dia jelas merupakan salah satu pemain terbaik Asia.

Bulu tangkis selalu menjadi bagian dari kehidupan Oktila, dan dia menyukai olahraga ini sejak dia masih muda. Ia mengikuti turnamen bulu tangkis sejak berusia 7 tahun dan berkompetisi di tingkat nasional sejak sekitar tahun 1999. Namun, pada tahun 2011 Oktila mengalami kecelakaan sepeda motor pada tahun 2011 yang menyebabkan kaki kirinya mengalami cedera dan menjadi lebih pendek dari kanannya.

Kejadian itu mengubah hidupnya selamanya, namun dia tidak menyerah dan malah 2 tahun kemudian, melanjutkan kecintaannya bermain bulu tangkis.

Dalam sebuah wawancara dengan BWF dia memberi tahu mereka,“ Saya berusia 20 tahun pada saat (kecelakaan) dan sudah bermain bulu tangkis sejak saya berusia tujuh tahun, jadi rasanya wajar untuk kembali ke permainan tetapi saya tidak bisa melakukannya. melakukannya tanpa keluarga saya," katanya.

Oktila menekankan bahwa orang tua dan anggota keluarganya selalu menyemangatinya dan menjadi sumber kekuatan terbesarnya.

“Ayah saya seorang petani, ibu saya seorang ibu rumah tangga. Mereka bukan atlet tapi selalu menyemangati kami untuk mengejar impian kami, dan dengan cara, mencapai impian mereka untuk kami juga," katanya kepada BWF.

Orang tuanyalah yang membantunya setelah kecelakaan itu, dan ayahnya yang mendorongnya untuk mengikuti sesi pelatihan. Kakaknya, katanya, semua bermain bulu tangkis dengan dia yang memberinya motivasi besar untuk terus mengambil raket dan bermain.

Dan untungnya dia melakukannya, karena selama lebih dari 10 tahun terakhir ini, Oktila telah begitu sukses dalam karir para bulu tangkisnya.

Beberapa prestasinya antara lain: 3 gelar di Kejuaraan Dunia Para-Badminton, 3 medali emas di Asian Para Games dan 6 medali emas di ASEAN Para Games.

Secara keseluruhan, kesuksesannya bermuara pada kekuatan dan tekadnya untuk menjadi yang terbaik dan kemauan untuk tidak menyerah. Dia selalu berterima kasih kepada orang-orang di sekitarnya yang telah mendukungnya dalam setiap langkah mulai dari keluarganya hingga rekan satu tim dan pelatihnya.

“Saya bersyukur kepada Tuhan saya dikelilingi oleh orang-orang dalam hidup saya yang bahagia ketika saya menang atau menghibur saya setelah kehilangan," katanya kepada BWF.

Tapi Leani Ratri Oktila masih punya mimpi yang lebih besar lagi. Dan mimpi itu tentunya menjadi kenyataan saat ia sukses meraih dua medali emas (ganda putri dan ganda campuran) serta satu medali perak di tunggal putri dalam kejuaraan akbar Paralimpiade Tokyo yang baru saja usai pekan lalu.

"Mimpi terbesar saya adalah meraih medali emas Paralimpiade," kata Oktila.

Leani Ratri Oktila tidak hanya ingin menang untuk dirinya sendiri, tetapi juga untuk negaranya Indonesia.

“Hal terbaik menjadi atlet internasional adalah ketika saya menang, dunia melihat apa yang Indonesia mampu. Saya bisa membuat negara dan keluarga saya bangga," tegasnya.

Artikel Tag: Leani Ratri Oktila, Indonesia, Paralimpiade Tokyo

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/leani-ratri-oktila-talenta-bulu-tangkis-para-terbaik-dunia-asal-indonesia
654  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini