Klarifikasi Atlet Ini Usai Acungkan Jari Tengah ke Lawan

Penulis: Yusuf Efendi
Senin 10 Agu 2020, 14:00 WIB
Klarifikasi Atlet Ini Usai Acungkan Jari Tengah ke Lawan

Lee Zii Jia-Chou Tien Chen/[Foto:Thestar]

Berita Badminton : Ini adalah kontroversi yang sudah berlangsung selama dua tahun dan masih berkecamuk. Apakah pemain andalan Taiwan peringkat 2 dunia, Chou Tien Chen membalikkan keadaan di atas pebulutangkis tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia setelah keduanya saling berhadapan dalam pertandingan semifinal di Taiwan Open pada 2018? Chou baru-baru ini dikritik karena perilakunya yang tidak sportif dengan video itu beredar, yang menunjukkan dia mengulurkan jari tengahnya bahkan saat dia memeluk Zii Jia.

Zii Jia mengalahkan Chou 17-21, 21-14 dan 24-22 dalam pertandingan seru yang berdurasi 80 menit, menjegal kesempatan Chou untuk merebut gelar ketiganya secara beruntun saat itu.

Chou telah menggunakan akun Instagram-nya untuk mengklarifikasi masalah tersebut, menjelaskan bahwa gambar itu adalah "menyesatkan".

“Setelah pertandingan berakhir, lawan saya datang ke lapangan untuk memeluk saya. Saat saya merentangkan tangan untuk membalas pelukan, beberapa jari saya terhalang, yang menyebabkan gambaran yang menyesatkan,” kata Chou yang merebut kembali gelar tahun lalu untuk menjadi pemain tunggal putra tersukses di turnamen itu sejak diadakan pada 1980.

“Saya tidak menyadarinya sampai saya melihat beberapa orang berbagi foto di Internet."

“Taiwan adalah kampung halaman saya. Dengan senang hati saya mengabdikan diri untuk menghadirkan game hebat di sini. Lawan saya, Lee Zii Jia, juga melakukan pekerjaan yang bagus," ungkapnya.

“Sebagai atlet, akhlak selalu diutamakan, jadi saya harus mengklarifikasi bahwa tuduhan dalam video itu tidak benar,” imbuh peraih medali perak Asian Games 2018 itu.

Zii Jia, yang memenangkan turnamen tahun itu untuk satu-satunya kemenangan World Tour hingga saat ini, juga membela klarifikasi Chou.

“Kami berdua bertarung dengan sengit di pertandingan itu. Seusai pertandingan, saya berinisiatif berlari memeluk Xiaotian (nama panggilan Chou),” tulis Zii Jia di akun Instragram miliknya.

“Saya perhatikan ada video dan gambar yang banyak dibicarakan. Dalam hal ini, saya tidak pernah meragukan sikap dan perilaku Xiaotian."

“Terkadang, apa yang kami lihat di video atau gambar tidak menceritakan kisah nyata. Saat kami berpelukan, saya merasakan ketulusannya," ungkapnya.

“Faktanya, Xiaotian juga teman yang sangat baik di luar lapangan. Kami akan saling menyapa setiap kali kami bertemu. Tolong berhenti mengkritiknya. Saya menantikan duel hebat lain dengannya," tegas Zii Jia.

Zii Jia telah bertemu Chou dalam lima kesempatan, dengan Chou mengungguli rekor head-to-head dengan tiga kemenangan.

Artikel Tag: Chou Tien Chen, Lee Zii Jia, Jari Tengah

576  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini