Kim Ha Na Isyaratkan Pensiun dari Tim Nasional Korsel

Penulis: Yusuf Efendi
Kamis 08 Agu 2019, 21:00 WIB
Kim Ha Na Isyaratkan Pensiun dari Tim Nasional Korsel

Kim Ha Na/[Foto:Badmintonphoto]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton: Pebulutangkis cantik spesialis ganda asal Korea Selatan, Kim Ha Na, mengisyaratkan mundur dari tim nasional dan melanjutkan karier sebagai seorang profesional, menyusul rekan-rekan seniornya seperti Lee Yong Dae, Kim Gi Jung dan Yoo Yeon Seong.

Mantan pemain nomor satu dunia, Kim Ha Na, akan menjadi pemain Korea Selatan kesembilan yang bersaing di luar naungan tim nasional Korea Selatan untuk saat ini.

Sebanyak 8 bintang bulu tangkis Korea Selatan meninggalkan tim nasional setelah gelaran Olimpiade Rio 2016 lalu. Mereka adalah Lee Yong Dae, Kim Gi Jung, Yoo Yeon Seong, Kim Sa Rang, Bae Yeon Ju, Ko Sung Hyun, Shin Baek Cheol dan Lee Hyun Il.

Dua dari delapan pemain itu, yakni Kim Gi Jung dan Yoo Yeon Seong, meninggalkan pusat pelatihan tim nasional tepat sebelum Piala Sudirman 2017 lalu. Dan satu tahun kemudian, mereka bergabung dengan Kim Ha Na, yang tidak diikutkan dalam skuat Asian Games dan menyerahkan pengunduran diri ke BWF pada Juli 2018.

Kim Ha Na saat upacara penandatanganan dengan sponsor barunya, mengatakan bahwa ia mengungkapkan niatnya untuk kembali ke kompetisi internasional sektor ganda campuran, tetapi tidak menunjukkan siapa pasangannya. Ada yang menyebutkan bahwa turnamen Korea Open pada bulan September menjadi entri turnamen pertamanya. Tetapi untuk tampil di turnamen Super 500 biasanya mengharuskan pemain dengan poin dari tim nasional untuk mendaftar.

Seperti berdiri sendiri, satu-satunya pensiunan tim nasional Korea Selatan yang telah fakum adalah Bae Yeon Ju. Ko Sung Hyun dan Shin Baek Cheol kembali bermain bersama pada Agustus tahun lalu, seperti halnya Lee Yong Dae dan juga Kim Gi Jung.

Yoo Yeon Seong sebenarnya hanya keluar selama beberapa bulan pada pertengahan 2017 sebelum ia berusia 31 tahun dan dengan demikian diizinkan untuk kembali bermain sebagai profesional di bawah aturan yang ada di Federasi Badminton Korea (BKA). Yoo memainkan beberapa turnamen dalam dua bulan terakhir dengan Lee Yong Dae. Namun setelah reuni Kim/Kim dipersingkat oleh masalah terkait dengan sponsor individu kedua pemain, Lee kembali berpasangan dengan Kim Gi Jung untuk Taiwan Open di bulan September.

Kim Ha Na akan menjadi pemain Korea Selatan ke-9 yang bersaing sebagai pemain profesional tahun ini, meskipun Kim Sa Rang, dan Yoo Yeon Seong sejauh ini belum masuk daftar untuk turnamen yang akan datang.

Hal yang sama berlaku untuk Lee Hyun Il. Lee telah berkompetisi secara profesional sejak akhir 2013, tetapi penampilan terakhirnya adalah babak kualifikasi Australia Open bulan Juni lalu dan sejak saat itu, sang veteran tidak muncul lagi dalam daftar entri turnamen hingga saat ini.

Artikel Tag: Kim Ha Na, Kim Gi Jung, lee yong dae, BKA, BWF

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/kim-ha-na-isyaratkan-pensiun-dari-tim-nasional-korsel
7078  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini