Kevin/Marcus Masih Jadi Andalan di BWF World Tour Finals 2018

Penulis: Yusuf Efendi
Kamis 06 Des 2018, 22:43 WIB
Kevin/Marcus Masih Jadi Andalan di BWF World Tour Finals 2018

Kevin Sanjaya Sukamuljo-Marcus Fernaldi Gideon/[Foto:PBSI]

Berita Badminton: Dengan delapan gelar juara pada musim ini, pasangan ganda putra Indonesia peringkat satu dunia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, menjadi andalan utama untuk menjadi yang terbaik di turnamen pamungkas akhir tahun di BWF World Tour Finals 2018 yang akan berlangsung pada 12-16 Desember mendatang di Guangzhou, China.

Di turnamen BWF World Tour Finals 2018, Kevin/Marcus berstatus juara bertahan setelah tahun lalu sukses menjadi pemenang di turnamen yang dulunya masih bernama BWF Super Series Finals Dubai 2017 itu.

Selain itu, Kevin/Marcus saat ini juga menduduki peringkat teratas Race to Guangzhou yang tentu saja mempunyai kesempatan besar untuk bisa melengkapi dominasi mereka pada musim ini. Maka dari itu, persiapan intensif dilakukan oleh para pemain Indonesia sejak dua pekan lalu di Pelatnas Cipayung.

"Persiapannya kurang lebih sama, kalau Kevin lebih ke jaga kondisi, maintain saja otot tangannya, jangan sampai cederanya kambuh. Sedangkan Marcus fokus di peningkatan kualitas defense. Kalau kita lihat, terutama saat melawan pemain Tiongkok, Marcus paling sering diincar oleh lawan," ujar Herry Iman Pierngadi, Kepala Pelatih Ganda Putra PP PBSI.

Dari delapan wakil di sektor ganda putra yang akan tampil di Guangzhou, Kevin/Marcus mempunyai rekor head to head yang cukup baik, kecuali melawan ganda muda asal China, Han Chengkai/Zhou Haodong yang mampu mengalahkan Kevin/Marcus di final French Open 2018 lalu.

Meskipun begitu Kevin/Marcus sudah melakukan diskusi dan evaluasi tentang kekalahan terakhir mereka yang banyak terjadi karena kesalahan teknis.

"Kalau mau lihat kekalahannya kan banyak faktor penyebab. Pertama, soal hakim servis seperti yang terjadi di China Open, hal itu memang mengganggu konsentrasi mereka. Kami sudah mendiskusikan hal ini, apa yang harus dilakukan kalau terjadi lagi hal seperti ini. Kami sudah siap dengan solusi dan strateginya bagaimana," kata Herry.

Setelah beberapa tahun sebelumnya diadakan di Dubai, turnamen pamungkas akhir tahun BWF World Tour Finals 2018 kali ini akan dilangsungkan di Guangzhou China yang menyediakan total hadiah sangat fantastis mencapai USD 1.500.000 atau berkisar 22,5 miliar rupiah.

Artikel Tag: Kevin Sanjaya Sukamuljo, Marcus Fernaldi Gideon, BWF World Tour Finals 2018

631