Ketatnya Persaingan di Skuad Piala Thomas Malaysia

Penulis: Yusuf Efendi
Selasa 01 Sep 2020, 02:00 WIB
Ketatnya Persaingan di Skuad Piala Thomas Malaysia

Song Joo Ven/[Foto:Thestar]

Berita Badminton: Dua pebulutangkis profesional Soong Joo Ven dan Liew Daren masih bertarung untuk slot tunggal putra kedua di belakang Lee Zii Jia di kejuaraan Piala Thomas 2020 di Aarhus, Denmark, dari 3-11 Oktober.

Baik Joo Ven dan Daren telah diundang untuk bergabung dengan kamp Federasi Badminton Malaysia (BAM) di Pulau Tioman dari 3-6 September, yang merupakan indikasi kuat bahwa keduanya sedang menuju ke kejuaraan.

Empat pemain tunggal lainnya menuju pulau itu adalah Lee Zii Jia, Cheam June Wei, Leong Jun Hao dan Ng Tze Yong.

Juara SEA Games 2019, Zii Jia adalah pemain Malaysia dengan peringkat tertinggi di tempat ke-10 dunia, menjadikannya pemain tunggal pertama yang ideal untuk tim. Daren berada di posisi ke-41, diikuti oleh Joo Ven (67), June Wei (74), Tze Yong (134) dan Jun Hao (157).

Tunggal ketiga kemungkinan besar akan diisi June Wei sementara tempat cadangan seharusnya menjadi pertandingan antara Jun Hao dan Tze Yong. Di atas kertas, mantan juara Asia junior, Jun Hao memegang keunggulan.

Bukan tugas yang mudah untuk memilih pemain tunggal kedua karena Joo Ven yang berusia 25 tahun bertekad untuk membuktikan satu poin sementara Daren, (33 tahun) , memiliki pengalaman di pihaknya.

BAM akan memilih empat tunggal putra dan tiga pasangan ganda putra sebelum 18 September tetapi untuk saat ini, Joo Ven memiliki sedikit keunggulan atas Daren.

Joo Ven adalah satu-satunya pemain dalam angkatan saat ini yang telah mengalahkan Zii Jia dalam turnamen meskipun dalam pertandingan yang diperebutkan secara ketat pada pertemuan internal yang diadakan tiga minggu lalu di Bukit Kiara.

Keduanya, bagaimanapun, akhirnya menarik diri dari turnamen kandang karena Joo Ven menderita kram sementara Zii Jia mengalami cedera punggung bawah.

Sementara mengakui bahwa itu akan menjadi panggilan dekat, Joo Ven mengatakan dia akan terus mengesankan dalam pelatihan untuk bisa bermain di kejuaraan Piala Thomas pertamanya.

“Saya senang Daren dan saya diundang ke kamp motivasi, itu pertanda kami masih dipertimbangkan untuk Final,” kata Joo Ven, dilansir The Star.

“Peringkat kami lebih tinggi dari beberapa pemain BAM, jadi mungkin, Daren dan saya akan berjuang untuk tunggal kedua"

Mengenai kondisinya, dia berkata: “Saya menderita kram pada pertemuan internal tetapi dalam beberapa hari, saya kembali berdiri. Semuanya baik untukku sekarang."

“Saya telah mewakili Malaysia dalam dua kualifikasi Piala Thomas di India (2016) dan di Malaysia (2018) tapi mudah-mudahan, saya akhirnya bisa bermain di kejuaraan” tambah Joo Ven, yang bermain sebagai tunggal kedua untuk Malaysia di kompetisi SEA Games tahun lalu .

Di final melawan Indonesia, Joo Ven mengalahkan Anthony Ginting sebelum Malaysia akhirnya kalah 1-3.

Artikel Tag: Song Joo Ven, Daren Liew, Lee Zii Jia, Piala Thomas 2020

827  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini