Keluar Dari Timnas, Vivian Hoo Punya Pasangan Baru di Malaysia Open

Penulis: Yusuf Efendi
Sabtu 10 Apr 2021, 19:30 WIB
Keluar Dari Timnas, Vivian Hoo Punya Pasangan Baru di Malaysia Open

Vivian Hoo/[Foto:Thestar]

Berita Badminton : Pebulutangkis senior, Vivian Hoo akan bekerja sama dengan Lim Chiew Sien untuk memulai karir profesionalnya dengan awal yang gemilang.

Pemain berusia 31 tahun dan mantan rekan setim nasionalnya Chiew Sien, berusia 26 tahun, berharap untuk melakukan debut mereka di turnamen Malaysia Open pada 25-30 Mei mendatang.

Ini akan menjadi turnamen pertama bagi Vivian Hoo setelah dia termasuk di antara lima senior yang didegradasi dari tim nasional tiga bulan lalu.

“Kami telah mengirimkan entri kami, mudah-mudahan kami dapat lolos,” kata Vivian, yang telah berlatih bersama pebulutangkis profesional lainnya di Endah Parade di Kuala Lumpur.

“Sebagai pasangan baru, kami diizinkan untuk menggabungkan peringkat kami dari kemitraan sebelumnya untuk memasuki tiga turnamen pertama. Dalam daftar terbaru, saya peringkat No. 17 dengan (Yap) Cheng Wen sementara Chiew Sien adalah No. 60 (dengan Anna Cheong). Ini bukan hanya satu kali yang pasti, Chiew Sien dan saya sedang mencari kemitraan jangka panjang. Tapi itu sangat bergantung pada apakah kami bisa mendapatkan cukup sponsor," ungkapnya.

Vivian Hoo adalah satu-satunya di antara lima pemain yang belum kembali beraksi setelah mereka secara mengejutkan dipecat oleh Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM) pada bulan Februari. Sisanya adalah Soniia Cheah (tunggal putri), Goh Soon Huat-Shevon Lai serta Lai Pei Jing (ganda campuran).

“Saya tidak pernah bermitra dengan Chiew Sien tapi kami berlatih bersama di tim nasional dan mengetahui permainan satu sama lain dengan baik, jadi kami bisa menyelesaikannya,” kata Vivian.

Chiew Sien meninggalkan BAM tahun lalu tetapi belum menemukan pasangan sejak itu. Dia mencoba peruntungannya di ganda campuran bersama Wong Tien Ci dan berhasil mencapai babak 16 besar di Orleans Masters di Perancis bulan lalu.

Vivian juga didorong oleh prospek sistem penilaian 11 poin, terbaik dari lima game (11x5), yang dapat diterapkan akhir tahun ini jika mendapat cukup suara selama rapat umum tahunan Federasi Bulu Tangkis Dunia bulan depan.

“Jika format ini diberlakukan, maka sangat cocok untuk 'pemain tua' seperti saya,” kata Vivian.

Dia mengatakan sistem penilaian akan mengangkat profil ganda putri dan merasa pasangan yang tumbuh pesat, Pearly Tan/M. Thinaah akan berkembang di bawah versi yang lebih pendek.

“Ini akan lebih menarik. Faktanya, permainan ganda putri akhir-akhir ini semakin agresif, sehingga sistem penilaian ini akan semakin menyempurnakannya," tambah Vivian. “Ini pasti akan mendukung pasangan penyerang seperti Pearly dan Thinaah.”

Sementara itu, menjadi salah satu pemain ganda putri terbaik yang pernah dihasilkan Malaysia, perempat finalis Olimpiade Rio itu juga senang dengan kemajuan yang ditunjukkan oleh juara bertahan Swiss Open, Pearly-Thinaah, yang menembus 20 besar dunia.

“Sebagai kakak perempuan, saya bangga dengan mereka. Saya tidak terkejut sama sekali. Saat mereka mendapatkan terobosan untuk meningkatkan kepercayaan diri dengan mengalahkan pasangan Korea (No. 9 Chang Ye-na-Kim Hye-rin), saya tahu mereka ditakdirkan untuk hal-hal yang lebih besar," kata Vivian.

“Jika mereka terus tren ke arah yang benar, tidak lama lagi mereka akan menjadi 10 besar dunia,” tegas mantan juara Commonwealth Games itu.

Artikel Tag: Vivian Hoo, Chiew Sien, malaysia open

3719  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini