Kehabisan Duit, Atlet Bulutangkis Ini Pertimbangkan Untuk Pensiun Saja

Penulis: Yusuf Efendi
Senin 24 Feb 2020, 19:30 WIB
Kehabisan Duit, Atlet Bulutangkis Ini Pertimbangkan Untuk Pensiun Saja

Daren Liew/[Foto:Thestar]

Berita Badminton : Dengan impian Olimpiade yang sudah berakhir, pebulutangkis profesional, Daren Liew sedang mempertimbangkan untuk segera pensiun lebih cepat.

Meskipun mencapai semifinal Spanyol Masters 2020 sebelum kalah 10-21 dan 19-21 dari pemain nomor 5 dunia, Viktor Axelsen asal Denmark yang akhirnya keluar sebagai juara, Daren mengakui bahwa impiannya seumur hidup untuk menjadi seorang Olimpian sudah di luar jangkauan.

Daren yang kini berusia 32 tahun, tidak akan berpartisipasi dalam turnamen apapun sampai Singapore Open pada 7-12 April mendatang, menghancurkan setiap peluang matematis yang tersisa untuk masuk ke peringkat 16 besar dan bergabung dengan Lee Zii Jia di Olimpiade Tokyo.

Sekarang Ia berada di posisi ke-39 dalam peringkat Race to Tokyo, penampilan Daren di Spanyol dapat mendorongnya naik ke posisi 32 ketika daftar peringkat diperbarui pada Selasa (25/2).

Namun Daren tidak bisa membangun momentun karena ia tidak akan bersaing dalam tiga pertemuan berikutnya di Eropa pada bulan Maret, yakni German Open (3-8), All England (11-15) dan Swiss Open (17- 22).

Meskipun ia tidak bisa tampil di All England karena peringkat (hanya untuk 32 besar dunia), Daren harus melewati Jerman dan Swiss karena dana yang tidak mencukupi.

"Idealnya, saya ingin memberikan kesempatan kedua di Jerman dan Swiss Open tetapi saya benar-benar tidak punya uang," kata peraih medali perunggu Kejuaraan Dunia 2018 itu.

“Saya datang ke Spanyol sendiri dan menghabiskan banyak uang. Tapi itu bermanfaat karena saya berhasil mencapai semifinal. Saya cukup senang dengan itu."

“Tetapi hasil ini tidak akan membuat perbedaan pada harapan kualifikasi Olimpiade karena saya tidak akan bermain lagi sampai Singapore Open," ungkapnya.

“Saya tidak mendaftar untuk India Open (24-29 Maret) juga karena hotel resmi cukup mahal. Jika saya memilih tempat lain, makanan dan logistik akan menjadi masalah. Sangat disayangkan bahwa saya tidak dapat tampil untuk Malaysia Open setelah keluar dari peringkat 32 besar dunia. Saya harus menerima bahwa impian Olimpiade saya sudah berakhir," Daren menambahkan.

Daren mengakui bahwa dia tidak tahu apa yang akan terjadi pada masa depannya sekarang karena dia bisa saja pensiun pada bulan April.

"Jika memungkinkan, saya akan senang untuk keluar tahun 2020 tetapi itu sangat tergantung jika saya bisa mendapatkan cukup dana untuk bertahan hingga akhir tahun," jelas Daren.

"Kalau tidak, saya mungkin akan menyebutnya lebih cepat," jelas Daren, yang memiliki produsen peralatan Protech sebagai sponsor tunggalnya.

Artikel Tag: Daren Liew, victor axelsen, bam, Spanyol Masters 2020, Pensiun

21097  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini