Kaohsiung Masters 2024: Peluang Cheam June Wei Akhiri Penantian Gelar 5 Tahun

Penulis: Yusuf Efendi
Minggu 23 Jun 2024, 14:30 WIB
Cheam June Wei Tantang Lee Chia Hao di Final Kaohsiung Masters 2024

Cheam June Wei/[Foto:AFP]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Pada Kaohsiung Masters 2024, turnamen BWF Tour Super 100, pemain tunggal putra peringkat 61 dunia Malaysia Cheam June Wei melaju ke final pada hari Sabtu.

Ini juga merupakan final pertama Cheam dalam dua tahun! Namun, dua pasangan ganda putra Malaysia terhenti di babak semifinal.

Unggulan keenam Cheam June Wei mengakhiri perjalanan “kuda hitam” Taiwan, Cheng Kai di semifinal tunggal putra dengan skor 21-12, 21-17. Meski Cheng Kai hanya menduduki peringkat 308 Dunia, ia lolos dari babak kualifikasi dan menyingkirkan rekan setimnya sekaligus unggulan ketiga Su Li Yang di babak kedua, juara Piala Thomas 2020 Indonesia Shesar Hiren Rhustavito di babak ketiga, dan unggulan ketujuh juara dunia junior Alwi Farhan dari Indonesia di perempat final.

Ini merupakan penampilan pertama Cheam June Wei di final turnamen Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) sejak menjadi runner-up Indonesia Masters 2022, turnamen Super 100.

Kemenangan kejuaraan terakhirnya terjadi pada Malaysia International Challenge 2019. Cheam June Wei bertujuan untuk mengakhiri penantian gelarnya selama hampir lima tahun dan akan menghadapi ujian terakhir melawan unggulan keempat Lee Chia Hao (peringkat 31 dunia) dari tim tuan rumah di final.

Lee Chia Hao mengalahkan rekan setimnya sekaligus unggulan kedua Wang Tzu Wei (peringkat 21 dunia) di semifinal dengan skor 21-10, 21-15.

Di semifinal ganda putra, Low Hang Yee/Ng Eng Cheong asal Malaysia berjuang keras di tiga gim namun akhirnya kalah 18-21, 21-11, 18-21 dari pasangan baru Taiwan Chang Ko Chi/Chen Xin-Yuan.

Sebelumnya, pasangan Malaysia lainnya Nur Mohd Azriyn Ayub Azriyn/Tan Wee Kiong (peringkat 60 dunia) kalah 16-21, 20-22 dari pemain Taiwan Chen Zhi Ray/Lin Yu Chieh (peringkat 100 dunia), menandai tersingkirnya mereka untuk kedua kalinya secara berturut-turut di semifinal pada pertandingan ini.

Artinya, kontingen bulu tangkis Malaysia tak mampu mempertahankan gelar ganda putra di Kaohsiung, karena juara tahun lalu adalah pasangan Malaysia Goh Sze Fei/Nur Izzuddin.

Sementara tuan rumah Taiwan berpeluang mengamankan lima medali emas di kandang sendiri.

Final tunggal putri akan menampilkan pertarungan seluruh Taiwan antara unggulan kedua Hsu Wen Chi dan unggulan ketiga Pai Yu Po.

Final ganda campuran akan mempertemukan unggulan teratas Taiwan Yang Po Hsuan/Hu Ling Fang melawan unggulan kedua Thailand Ruttanapak Oupthong/Jhenicha Sudjaipraparat.

Final ganda putri akan mempertemukan unggulan kedua dari Taiwan Sung Shuo Yun/Yu Chien Hui dan unggulan ketiga dari Indonesia Jesita Putri Miantoro/Febi Setianingrum.

Artikel Tag: Cheam June Wei, Kaohsiung Masters 2024

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/kaohsiung-masters-2024-peluang-cheam-june-wei-akhiri-penantian-gelar-5-tahun
528  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini