Jonatan Christie Bawa Tunggal Putra Indonesia Pertahankan Gelar Juara Asia

Penulis: Yusuf Efendi
Senin 15 Apr 2024, 10:15 WIB
Jonatan Christie Bawa Tunggal Putra Indonesia Pertahankan Gelar Juara Asia

Jonatan Christie-Irwansyah/[Foto:AFP]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Bintang bulu tangkis Indonesia, Jonatan Christie sukses merengkuh gelar Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2024 sekaligus mempertahankan gelar yang tahun lalu diraih oleh kompatriotnya, Anthony Sinisuka Ginting.

Tunggal putra Indonesia peringkat 5 dunia Jonatan Christie mengatakan kemenangannya di Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2024 dan sebelumnya di All England 2024 akan menjadi penambah konsistensinya di turnamen penting mendatang.

“Saya tidak menyangka bisa menjadi juara lagi setelah menjuarai All England tahun ini. Itu menjadi penambah semangat saya agar kedepannya bisa lebih konsisten dan lebih baik lagi dalam hal performa dan semuanya,” kata Christie.

Jonatan Christie tampil sebagai juara BAC 2024 setelah mengalahkan wakil tuan rumah dan peringkat 7 Dunia Li Shi Feng secara langsung, 21-15, 21-16, pada final yang digelar di Ningbo, Tiongkok.

Pemain unggulan ketiga turnamen tersebut menilai kemenangannya di laga final adalah hasil dari strategi bermain cepat yang diterapkannya.

“Karena saya melihat Li Shi Feng cukup lelah setelah pertandingan semifinal kemarin. Kakinya juga tampak pegal. Saya memanfaatkan momentum itu untuk mendorongnya agar tidak menemukan momentumnya,” jelas Christie.

Juara French Open 2023 itu mengaku bangga bisa mengalahkan dua pemain unggulan Tiongkok di kandangnya sendiri (unggulan nomor 1 Shi Yuqi di semifinal, dan unggulan nomor 5 Li Shi Feng di final). Diakui Christie, suasana pertandingan di hadapan penonton Tiongkok cukup intens dan menantang, baik secara fisik maupun mental.

“Untuk menghadapi penonton tuan rumah, saya sudah mempersiapkan diri dengan baik sejak awal. Faktanya, kami masih harus memainkan pertandingan dan tidak bisa berjalan,” kata Christie.

“Menganggapnya menambah pengalaman karena tidak mudah menghadapi lawan di kandang sendiri, mirip dengan penonton Indonesia. Saya cukup senang bisa mengalahkan Li Shi Feng dan Shi Yu Qi di kandang mereka,” tambah Christie.

Meski kecewa di tunggal putra, ganda putra China berhasil direbut melalui Liang Wei Keng/Wang Chang setelah mengalahkan Goh Sze Fei/Nur Izzuddin dari Malaysia 21-17, 15-21, 21-10.

China juga mempertahankan trofi tunggal putri dan ganda campuran di kandang sendiri melalui Wang Zhi Yi dan Feng Yanzhe/Huang DongPing.

Artikel Tag: Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2024

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/jonatan-christie-bawa-tunggal-putra-indonesia-pertahankan-gelar-juara-asia
970  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini