Jason Gunawan, Talenta Muda Keturunan Indonesia Asal Hong Kong

Penulis: Yusuf Efendi
Sabtu 28 Nov 2020, 22:00 WIB
Jason Gunawan, Talenta Muda Keturunan Indonesia Asal Hong Kong

Jason Gunawan/[Foto:South China Morning]

Berita Badminton: Jason Gunawan adalah pemain berusia 16 tahun asal Hong Kong, yang saat ini menduduki peringkat 57 dunia junior tunggal putra. Dia memiliki 70 kemenangan karir sejauh ini, prestasi yang sangat mengesankan bagi seseorang yang sangat muda dan sedang dalam perjalanan untuk menjadi salah satu bintang yang sedang naik daun di Hong Kong.

Semangat dan kecintaan Jason Gunawan pada bulu tangkis dimulai sejak usia 4 tahun dan dipengaruhi secara langsung oleh keluarganya, terutama ayahnya.

Ayahnya adalah orang Tionghoa asal Indonesia dan pernah bermain untuk tim provinsi Jakarta. Dulu ketika dia masih bocah, Jason akan bergabung dengan ayahnya dalam bermain bulu tangkis yang membuatnya mendapatkan tempat di tim junior Hong Kong.

Dia mengatakan kepada South China Morning Post bahwa: "Bermain bersama ayah di sebuah kompetisi membuat saya merasa lebih tenang ketika bermain, karena saya tahu dia akan selalu mendukung saya."

Dukungan yang dia dapatkan dari orang tuanya telah memotivasi dia untuk terus maju dan bekerja lebih keras.

Motivasinya terbayar karena Jason Gunawan sudah memenangkan beberapa turnamen. Dia memenangkan turnamen lokal di Hong Kong dan baru tahun lalu, dia memenangkan perak di nomor tunggal putra (U17) di Kejuaraan Junior Asia U17 & U15 2019 yang diadakan di Indonesia.

Kemudian pada tahun 2020, dia menemukan kesuksesan yang lebih besar. Jason Gunawan menjadi juara tunggal putra termuda di Kejuaraan Nasional pada usia 16 tahun.

Dia menang melawan Chan Yin-chak dengan skor 21-19, 17-21, 21-13. Yang lebih mengesankan adalah di semifinal, Jason mengalahkan petenis Hong Kong Angus Ng Ka long 23-21, 21-14 untuk mencapai final.

Tahun 2020 telah menjadi tahun yang sangat penting baginya. Dia membuat keputusan untuk menghentikan studinya 3 bulan yang lalu untuk menjadi atlet penuh waktu, dengan harapan membawa bulu tangkis negaranya ke level yang lebih tinggi.

Ke depannya, dia ingin memenangkan Olimpiade. Ini telah menjadi mimpinya sejak dia melihat pemain China, Lin Dan memenangkan emas di Olimpiade Beijing 2008.

“Saya sangat senang melihat kemenangan Lin, Saya hanya ingin berdiri di atas podium Olimpiade seperti dia," katanya.

Artikel Tag: Jason Gunawan, Hong Kong, Indonesia

11754  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini