India Open Ditunda, Hafiz/Gloria Diuntungkan Demi Olimpiade

Penulis: Yusuf Efendi
Rabu 21 Apr 2021, 15:00 WIB
Penundaan India Open Untungkan Hafiz/Gloria Menuju Olimpiade

Hafiz Faisal-Gloria Emanuelle Widjaja/[Foto:PBSI]

Berita Badminton : Dengan waktu hanya tersisa tiga bulan lagi menuju Olimpiade Tokyo, penundaan turnamen India Open Super 500 disinyalir sebagai sebuah keuntungan bagi pasangan ganda campuran Indonesia peringkat 9 dunia, Hafiz Faisal/Gloria Emanuelle Widjaja.

Pasalnya, Hafiz dan Gloria saat ini berada di peringkat 8 Race to Tokyo dan rentan disalip oleh para pesaing karena satu negara hanya bisa maksimal mengirim dua pasangan ke Olimpiade di setiap sektor, jika keduanya berada di posisi delapan besar klasemen.

Saat ini, pasangan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti yang sudah dipastikan ke Olimpiade setelah nangkring di posisi 4 besar Race to Tokyo.

Bagi Kepala Bidang Pengembangan dan Prestasi PP PBSI, Rionny Mainaky, keputusan untuk menunda India Open sangat tepat mengingat lonjakan kasus yang terjadi di India saat ini yang sangat memprihatinkan.

"Menurut saya ini keputusan yang tepat (menunda India Terbuka 2021) dari BWF. Melihat kasus positif Covid-19 di sana yang sedang tinggi-tingginya," kata Rionny saat ditemui Tim Humas dan Media PP PBSI di Pelatnas Cipayung, Jakarta Timur, Selasa (20/4) sore.

"Kami memang cukup waswas melihat perkembangan yang terjadi di India beberapa waktu terakhir. Tetapi di sisi lain, kami pun harus tetap mengirim Hafiz/Gloria ke India Terbuka untuk mengamankan poin Olimpiade. Saya lega akhirnya benar ditunda," lanjutnya.

Dalam klasemen Race to Tokyo, Hafiz/Gloria rentan disalip oleh para pesaing dari negara lain seperti peraih medali perak Asian Games 2018 asal Hong Kong, Tang Chun Man/Tse Ying Suet, peraih medali perak Sea Games 2019 asal Malaysia, Goh Soon Huat/Shevon Jemie Lai serta juara Eropa asal Inggris, Marcus Ellis/Lauren Smith.

"Penundaan ini bagi kami cukup menguntungkan. Selain karena kami tidak harus mengambil resiko dengan kesehatan tim terpapar Covid-19, Hafiz dan Gloria juga setidaknya masih aman di peringkat delapan dengan dua turnamen kualifikasi yang tersisa," ungkap Rionny.

Artikel Tag: Hafiz Faisal, Gloria Emanuelle Widjaja, India Open 2021, Rionny Mainaky

542  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini