Hendrawan Yakin Ng Tze Yong Akan Jadi Pemain Top Dunia

Penulis: Yusuf Efendi
Rabu 10 Agu 2022, 09:30 WIB
Hendrawan Yakin Ng Tze Yong Akan Jadi Pemain Top Dunia

Ng Tze Yong/[Foto:NST]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Kisah dongeng pebulutangkis tunggal putra Malaysia, Ng Tze Yong di Birmingham Commonwealth Games berakhir hari ini dengan medali perak di NEC Hall, menyusul kekalahan 19-21, 21-9 dan 21-16 dari unggulan teratas dan peringkat 10 dunia Lakshya Sen dari India .

Meski patah hati, pemain berusia 22 tahun itu bisa mengangkat kepalanya tinggi-tinggi, terutama setelah mengalahkan juara dunia seperti Loh Kean Yew dari Singapura dan pemenang Piala Thomas India Kidambi Srikanth dua kali dalam perjalanan menuju final mayor perdananya. .

Apa yang membuat perjalanannya semakin luar biasa adalah bahwa pemain kelahiran Johor itu tidak pernah menjadi bagian dari rencana BA Malaysia (BAM) untuk kejuaraan tersebut, tetapi baru mendapat panggilan di menit-menit terakhir setelah pemain peringkat 5 dunia Lee Zii Jia melewatkan kejuaraan empat tahunan untuk fokus pada Kejuaraan Dunia di Tokyo.

Dan itu terbukti sebagai masterstroke karena Ng Tze Yong tidak hanya menginspirasi Malaysia untuk merebut kembali emas tim campuran minggu lalu, mengalahkan India 3-1 di final, tetapi dia juga memenangkan hati semua orang Malaysia.

Pelatih nasional asal Indonesia, Hendrawan mengakui bahwa Tze Yong, melawan segala rintangan, telah melakukan yang terbaik tetapi kalah dari pemain yang lebih berpengalaman di Lakshya.

Fakta bahwa Ng Tze Yong telah bermain di lebih banyak pertandingan (11 pertandingan dalam 11 hari) daripada rekannya dari India yang berusia 20 tahun adalah faktor lain yang harus dipertimbangkan.

"Pertama, selamat untuk Lakhsya. Kami harus mengakui bahwa Tze Yong kalah dari pemain yang lebih baik hari ini. Dari cara dia kembali dan mengubah kecepatan permainan membuktikan bahwa dia adalah pemain yang jauh lebih berpengalaman.”

"Itu tidak berarti Tze Yong tidak ingin menang, tetapi kesenjangan pengalaman dan kebugaran membuat perbedaan hari ini. Namun demikian, Tze Yong mengalahkan dirinya sendiri di sini di Birmingham. Dia bahkan bukan calon medali untuk memulai," kata Hendrawan kepada Timesport hari ini.

Mantan juara dunia asal Indonesia itu menunjukkan bahwa pencapaian Persemakmuran Tze Yong hanyalah batu loncatan untuk lebih banyak lagi yang akan datang.

Mendesaknya untuk tetap membumi, Hendrawan menambahkan: "Tze Yong tidak boleh berhenti belajar. Ini hanya batu loncatan. Kita tidak boleh terlalu memuji dia atas keberhasilannya, dan kita tidak boleh terlalu mengkritik dia ketika dia gagal.”

"Kami semua berperan dalam mengembangkannya menjadi pemain yang lengkap. Jangan bicara tentang Olimpiade atau peringkat dunia dulu. Tujuan kami adalah mengubah Tze Yong menjadi pemain yang lengkap terlebih dahulu."

Lady Luck terus bersinar pada Tze Yong saat ia baru-baru ini dikonfirmasi untuk Kejuaraan Dunia di Tokyo pada 22-28 Agustus setelah penarikan menit terakhir.

Ng Tze Yong, yang awalnya berada di daftar cadangan, kini harus mengambil pelajaran berharga yang telah ia pelajari ke Jepang, di mana ia akan bergabung dengan Zii Jia dan peraih medali perunggu 2018 Liew Daren di Kejuaraan Dunia 2022.

Artikel Tag: ng Tze Yong, Lakshya Sen, Commonwealth Games 2022, hendrawan

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/hendrawan-yakin-ng-tze-yong-akan-jadi-pemain-top-dunia
829  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini