Hendrawan Pastikan Tak Akan Paksa Para Pemain Jalani Pelatihan Ketat Untuk Saat Ini

Penulis: Yusuf Efendi
Selasa 02 Jun 2020, 14:30 WIB
Hendrawan Pastikan Tak Akan Paksa Para Pemain Jalani Pelatihan Ketat Untuk Saat Ini

Aaron Chia Saat Test Swab Covid-19/[Foto:Thestar]

Berita Badminton : Pelatih kepala tunggal putra tim nasional, Hendrawan asal Indonesia tahu betapa sulitnya bagi para pebulutangkis untuk memulai dari awal lagi setelah istirahat panjang.

Dengan mengingat hal itu, ia telah menurunkan harapannya ketika para pemain Road to Tokyo (RTT) melaporkan pelatihan satu bulan mereka di ruang isolasi di Academy Badminton Malaysia di Bukit Kiara kemarin (1/6).

Hendrawan akan melatih Lee Zii Jia dan Cheam June Wei sebagai permulaan dan tidak ingin mengambil risiko pemain akan cedera.

"Saya tidak akan memaksa mereka untuk segera berpacu. Butuh waktu sebelum saya menjadi agresif dalam latihan,” kata Hendrawan, yang telah memenangkan gelar juara dunia, medali perak Olimpiade dan Piala Thomas sebagai pemain tim nasional Indonesia.

“Saya ingat dari hari-hari saya sebagai pemain bahwa bagian tersulit adalah bermain setelah istirahat panjang. Saya cedera setelah Piala Thomas 2002 dan absen selama satu setengah bulan."

“Mendorong diri sendiri secara fisik bukan satu-satunya perjuangan, tetapi saya perlu menenangkan diri juga setelah istirahat panjang. Jadi, saya tahu bagaimana rasanya bagi para pemain yang kembali setelah hampir tiga bulan," ungkapnya.

“Biasanya, jika seorang pemain tinggal selama satu bulan, itu akan memakan waktu satu bulan untuk mendapatkan kembali bentuk performa yang lama. Untungnya bagi para pemain kami, mereka telah melakukan latihan fisik di rumah, sehingga transisi tidak akan terlalu lama."

“Saya akan lebih pengertian. Saya tahu para pemain akan senang tapi kami tidak akan melakukannya terlalu berlebihan. Kami memiliki jadwal yang padat di depan kami, tetapi kami akan meningkatkan intensitas pelatihan secara bertahap,” Hendrawan menambahkan.

Para pemain lain yang melapor untuk bertugas adalah pasangan Aaron Chia/Soh Wooi Yik dan Nur Izzuddin Rumsani/Goh Sze Fei (ganda putra), Soniia Cheah dan S. Kisona (tunggal putri), pasangan Chow Mei Kuan/Lee Meng Yean dan Vivian Hoo/Yap Cheng Wen (ganda putri), serta pasangan Goh Soon Huat/Shevon Jemie Lai dan Tan Kian Meng/Lai Pei Jing (ganda campuran).

Zii Jia, Aaron/Wooi Yik, Soniia, Mei Kuan/Meng Yean dan Soon Huat/Shevon berada di bawah program RTT sementara sisanya sedang mempersiapkan Kejuaraan Piala Thomas dan Uber di Aarhus, Denmark, pada 3-11 Desember.

Para pemain kembali setelah semua kegiatan di pusat pelatihan dihentikan akibat mewabahnya pandemi Covid-19 pada bulan Maret.

BWF World Tour diharapkan akan dimulai pada bulan Agustus jika semuanya berjalan dengan baik.

Para pemain dan pelatih, bagaimanapun, tidak mengeluarkan keringat kemarin karena mereka harus melalui tes swab tenggorokan Covid-19 yang wajib.

Mereka telah diinstruksikan untuk melakukan karantina sendiri selama dua hari di kamar mereka masing-masing sebelum memulai pelatihan besok (3/6).

Artikel Tag: hendrawan, Lee Zii Jia, Cheam June Wei, olimpiade tokyo 2020

504  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini