Hendra Setiawan Lebih Utamakan Olimpiade Ketimbang Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis

Penulis: Yusuf Efendi
Selasa 05 Mei 2020, 05:00 WIB
Hendra Setiawan Lebih Utamakan Olimpiade Ketimbang Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis

Hendra Setiawan-Mohammad Ahsan/[Foto:PBSI]

Berita Badminton: Keputusan Federasi Badminton Dunia (BWF) untuk menyelenggarakan dua turnamen bergengsi Olimpiade Tokyo dan Kejuaraan Dunia di musim yang sama tahun 2021 mendatang, sedikit banyak membuat fokus para pemain akan terpecah.

Namun bagi pemain veteran ganda putra Indonesia, Hendra Setiawan, ia bersama Mohammad Ahsan akan lebih mengutamakan kejuaraan empat tahunan Olimpiade dibandingkan dengan Kejuaraan Dunia yang berlangsung setiap tahun.

Hendra menilai bahwa Olimpiade Tokyo akan lebih prestisius bagi mereka, apalagi empat tahun lalu di Olimpiade Rio 2016, pasangan peringkat 2 dunia itu gagal melaju dari fase grup setelah hanya meraih satu kemenangan dan dua kekalahan.

“Ya memang mau nggak mau harus diterima dan dilalui. Tapi buat saya pribadi maunya lebih fokus ke Olimpiade dulu. Toh juga kan jarak waktunya lumayan jauh antara Olimpiade dan Kejuaraan Dunia tahun depan,” kata Hendra Setiawan, seperti dilansir DjarumBadminton (4/5).

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Kejuaraan Dunia akan dilangsungkan di tahun yang sama Kejuaraan Dunia, yang secara tradisional berlangsung pada bulan Agustus, telah digeser dari 29 November hingga 5 Desember tahun depan di Huelva, Spanyol, tiga bulan setelah Olimpiade Tokyo 2020, yang telah ditunda satu tahun dan dijadwalkan pada 23 Juli hingga 8 Agustus 2021.

Ini menandai pertama kalinya bahwa dua kompetisi individu terbesar dan paling prestisius itu akan diadakan di tahun yang sama sejak cabang bulu tangkis dipertandingkan pertama kali di Olimpiade Barcelona 1992.

Meskipun begitu, jarak tiga bulan dari Olimpiade ke Kejuaraan Dunia dirasa cukup bagi para pemain untuk bersiap dan menjaga fokus mereka.

“Nggak masalah sih sepertinya. Setelah fokus di Olimpiade, kita bisa langsung fokus untuk Kejuaraan Dunia. Paling nggak kan bisa satu bulan persiapan untuk Kejuaraan Dunia-nya,” tuturnya.

Tahun lalu, Hendra/Ahsan sukses meraih gelar juara dunia ketiga mereka di Basel, Swiss saat di babak final berhasil mengalahkan ganda putra asal Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

Artikel Tag: mohammad ahsan, hendra setiawan, kejuaraan dunia, olimpiade tokyo 2020

681  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini