Hasil Buruk di Dubai Jadi Peringatan Bagi Ganda Putra Indonesia

Penulis: Yusuf Efendi
Minggu 30 Apr 2023, 20:00 WIB
Hasil Buruk di Dubai Jadi Peringatan Bagi Ganda Putra Indonesia

Fajar Alfian-Muhammad Rian Ardianto/[Foto:PBSI]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Ganda putra Indonesia yang dipimpin oleh pasangan peringkat 1 dunia Fajar Alfian / Muhammad Rian Ardianto mengalami kekecewaan yang jarang terjadi di Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2023.

Fajar/Rian, yang merebut dua dari tiga turnamen level Super 1000 tahun ini yakni Malaysia Open pada Januari dan All England pada Maret lalu, dikalahkan oleh pasangan independen Malaysia Ong Yew Sin / Teo Ee Yi 15-21 dan 20-22 di perempat final di Dubai pada hari Jumat.

Kekalahan itu mengejutkan karena ganda putra Indonesia menjadi pasangan paling bugar di sirkuit Tur Dunia, mencapai delapan final pada 2022 dan memenangkan empat gelar.

Di Dubai, pasangan peringkat 8 dunia Yew Sin / Ee Yi harus menampilkan performa terbaik mereka tahun ini untuk membalikkan keadaan atas Fajar/Rian. Itu adalah balas dendam yang manis bagi wakil Malaysia, yang kalah dari FaJri di perempat final Malaysia Open 2023.

Sementara rekan setim Fajar/Rian Mohammad Ahsan / Hendra Setiawan (No.3) dan Muhammad Shohibul Fikri / Bagas Maulana (No.15) juga merasakan kekalahan di babak delapan besar.

Yang pertama kalah 11-21 dan 12-21 dari pemenang Swiss Open asal India Satwiksairaj Rankireddy / Chirag Shetty, sementara yang terakhir kalah 14-21 dan 17-21 dari juara dunia 2021 asal Jepang, Takuro Hoki / Yugo Kobayashi.

Juara Indonesia Masters dan Thailand Masters 2023, Leo Rolly Carnando / Daniel Marthin kalah tipis 21-19, 19-21 dan 20-22 dari pasangan Malaysia, Aaron Chia / Soh Wooi Yik di babak pertama.

Kekalahan tersebut mengakhiri harapan ganda putra Indonesia untuk mempertahankan gelar yang direbut oleh pasangan peringkat 21 dunia, Pramudya Kusumawardana / Yeremia Yoche Yacob Rambitan di Manila tahun lalu.

Negara Indonesia memiliki kekuatan yang sangat membuat iri sehingga Pramudya/Yeremia tidak dapat lolos kali ini.

Ini juga pertama kalinya tahun ini tidak ada pasangan Indonesia yang berhasil melampaui perempat final di turnamen level Super 500 ke atas.

Hasil buruk pasti akan menjadi peringatan bagi Indonesia menjelang Piala Sudirman pada 14-21 Mei di Suzhou di mana Merah Putih akan mengandalkan ganda putra mereka untuk memberikan poin penting dalam pertandingan mereka.

Indonesia telah ditempatkan di Grup B bersama dengan Thailand, Jerman dan Kanada dalam kejuaraan beregu paling bergengsi dan difavoritkan untuk maju ke perempat final sebagai juara grup.

Artikel Tag: Ganda Putra Indonesia, Fajar Alfian, Muhammad Rian Ardianto, Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2023

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/hasil-buruk-di-dubai-jadi-peringatan-bagi-ganda-putra-indonesia
745  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini