Han Chengkai, Masa Depan Ganda Putra Bulu Tangkis China

Penulis: Yusuf Efendi
Sabtu 11 Sep 2021, 09:00 WIB
Han Chengkai, Salah Satu Talenta Muda Terbaik Asia Asal China

Han Chengkai/[Foto:BadmintonAsia]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton: Han Chengkai adalah pemain bulu tangkis asal China yang saat ini berada di peringkat 18 dunia BWF untuk ganda putra. Di usianya yang baru 23 tahun, ia sudah melalui lebih dari 140 kemenangan di ganda putra dan ganda campuran, termasuk menjadi bagian dari skuad China yang memenangkan Piala Sudirman 2019, menjadikannya salah satu pemain terbaik Asia!

Han Chengkai muncul di tahun 2015 ketika ia mendominasi kejuaraan junior. Pada Kejuaraan Junior Asia yang diadakan di Bangkok, ia membantu timnya memenangkan 2 medali, 1 perak di nomor ganda putra, dan satu emas di nomor beregu campuran. 

Di nomor beregu campuran, mereka mengalahkan Korea untuk merebut medali emas. Dia kemudian juga membantu timnya mendominasi Kejuaraan Dunia Junior. Di Kejuaraan Dunia Junior, ia memenangkan perunggu di kategori ganda putra bersama rekannya Zhou Haodong. ia kemudian menjadi bagian dari tim ganda campuran yang meraih medali emas, awal yang luar biasa untuk karir profesionalnya di bulu tangkis.

Tahun berikutnya melihat Han Chengkai mengulangi kesuksesannya di kedua Kejuaraan. Pada Kejuaraan Junior Asia 2016, kali ini ia merebut 2 medali emas, baik di ganda putra dan di beregu campuran lagi. Pada Kejuaraan Dunia Junior 2016 di Bilbao, ia kembali meraih 2 medali emas di kategori ganda putra dan beregu campuran. Pada tahap muda karirnya, Han telah mewakili negaranya di turnamen internasional dan memenangkan emas, sesuatu yang harus dia banggakan. 

Ketika Han Chengkai berkompetisi di nomor ganda putra, pasangan utamanya adalah Zhou Haodong dan keduanya telah meraih kesuksesan baik di kejuaraan junior dan juga dalam karir senior mereka saat ini. Pada tahun 2016, pasangan ini memenangkan perak di Indonesia Masters, hanya kalah dari lawan asal Indonesia. Wahyu Nayaka dan Kevin Sanjaya Sukamuljo 16-21, 18-21. 

Namun terlepas dari kekalahan di final, ini hanyalah petunjuk dari kesuksesan mereka yang akan datang di tahun-tahun berikutnya. 

Pada tahun 2018, pasangan ini memenangkan perak di China Open dan mengklaim medali emas di French Open 2018 melawan bintang ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo, di mana mereka menang dalam pertandingan tiga game yang mendebarkan 23–21, 8–21 dan 21–17. Mengalahkan pasangan yang begitu baik sangat besar bagi duo Cina.

Di tahun 2019, Han terus sukses dan membantu Tim China meraih kemenangan. Di Kejuaraan Beregu Campuran Asia, dia adalah bagian dari tim campuran yang memenangkan medali emas. Kemudian, Cina merebut kembali gelar mereka di Piala Sudirman setelah hany menduduki posisi kedua dibawah Korea pada tahun 2017. Tim Cina mengklaim Emas di Nanning dan Han adalah bagian dari kesuksesan tim. Sungguh cara yang luar biasa untuk berkontribusi pada kesuksesan tim nasional!

Han Chengkai baru saja memulai karirnya, tetapi dia dan rekannya Zhou Haodong telah luar biasa sejauh ini. Kami tidak sabar untuk melihat mereka melanjutkan jalan kerja keras dan kesuksesan mereka. Badminton Asia bangga dengan salah satu pemain terbaik Asia.

Artikel Tag: Han Chengkai, Zhou Haodong, China

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/han-chengkai-masa-depan-ganda-putra-bulu-tangkis-china
4081  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini