Fernando Rivas Yakin Prancis Akan Jadi 5 Besar Kekuatan Bulu Tangkis Dunia

Penulis: Yusuf Efendi
Minggu 20 Nov 2022, 15:30 WIB
Pelatih Carolina Marin, Fernando Rivas Yakin Prancis Akan Menjadi 5 Besar Kekuatan Bulu Tangkis Dunia

Carolina Marin-Fernando Rivas/[Foto:Badmintoneurope]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Dalam wawancara dengan Federasi Badminton Dunia (BWF), pelatih kepala Prancis yang juga pelatih ratu bulu tangkis Spanyol, Fernando Rivas berkutat pada ilmu olahraga, perubahan dalam sistem tradisional, dan berupaya menjadikan Prancis kekuatan bulu tangki lima besar dunia.

Anda telah berbicara tentang INSEP ( National Institute of Sport, Expertise and Performance, di Paris ) seperti 'Disneyland', di mana Anda memiliki akses ke berbagaispesialis, khususnya dalam ilmu olahraga. Perkembangan apa dalam ilmu olahraga yang membuat Anda bersemangat?

"Ketika Anda memiliki tim besar, pelatih menjadi manajer orang. Ini bukan tentang memiliki banyak pemain, ini tentang membuat pilihan yang tepat tentang pemain yang tepat. Peran saya adalah mengelola semua bisnis ilmiah yang dapat diberikan oleh setiap spesialis kepada para pemain. Sekarang ada beberapa penelitian tentang latihan panas, tentang bagaimana jantung mempengaruhi adaptasi. Ada berbagai pendekatan untuk itu. Kami telah mengembangkan protokol kami sendiri. Menurut saya cukup berhasil. Namun dalam pandangan saya tentang peran saya, ini tentang mengajukan pertanyaan yang tepat kepada spesialis yang tepat, dan mencoba mencari solusi melalui otak seseorang," kata Fernando Rivas mengawalo.

Ketika Anda melihat Asia, pandangan umumnya adalah bahwa sistem pelatihan tetap tradisional. Apakah Anda merasakan bahwa itu berubah?

"Saya pikir itu berubah. Beberapa negara dari Asia yang tergabung dalam Persemakmuran, banyak pengaruh ilmu pengetahuan di Inggris, misalnya. China telah memiliki pelatih fisik Spanyol selama beberapa tahun. Saya pikir orang mencoba menemukan pendekatan baru dan cara baru yang telah terbukti berhasil, setidaknya dalam kasus kami. Saya merasa kami telah berkontribusi sedikit pada perubahan kecil dalam konsep metode pelatihan dan seterusnya."

Jadi apakah ada leveling bidang sejauh menyangkut sains?

"Saya dapat berbicara tentang pengalaman saya. Kami harus belajar banyak dari diri kami sendiri. Karena kami belum berada di podium teratas, kami harus mendapatkan banyak inspirasi dari olahraga lain, dari pelatih lain, dari daerah lain, dari bidang studi lain. Sebagai pelatih saya sangat terbuka untuk belajar. Masalahnya adalah ketika tradisi sudah begitu keras, begitu kuat, dan begitu sukses, sehingga Anda harus mempertanyakan diri sendiri ketika tradisi itu tidak lagi berfungsi. Saya belum pernah menjadi juara apa pun, jadi saya harus menemukan jalan saya. Tetapi ketika Anda telah memenangkan segalanya, seperti China, misalnya, Anda mempertanyakan diri Anda sendiri, ketika Anda telah memenangkan segalanya, itu bukanlah tugas yang mudah. Membuat perubahan besar ketika sistem ini telah bekerja selama beberapa dekade tidaklah mudah," katanya.

Datang ke Prancis, sekarang ada banyak pemain menarik di semua kategori. Bagaimana Anda melihat di mana bulu tangkis Prancis berada dan ke mana arahnya?

"Saya pikir Prancis adalah negara kuat di Eropa. Salah satu tujuan saya adalah berkompetisi di Eropa melawan Denmark, di masa depan. Berada di podium memenangkan medali Eropa bukanlah kejutan bagi siapa pun, bukan masalah besar. Menyerang panggung dunia adalah cerita yang sama sekali berbeda. Kami memiliki pemain bagus di setiap kategori, tetapi kami memiliki beberapa pemain yang tidak dapat tampil dan menang saat ini, mungkin kami harus mengatur beberapa bagian dari proses pelatihan mereka dengan cara yang lebih baik dan kami melakukannya. Beberapa acara mungkin akan tampil paruh waktu dan beberapa lainnya dalam jangka panjang. Apa yang harus kita lakukan hanyalah menstabilkan, meningkatkan pendidikan pelatih, dan mendasarkan pendidikan pelatih dan pengembangan jalur pemain ke dalam kategori taktis. Kami berharap untuk terus memperbarui konten ini. Saya pikir Prancis berada dalam posisi yang sangat baik untuk menjadi salah satu dari lima besar," ungkap Fernando Rivas.

Olimpiade Paris 2024 pasti menjadi salah satu tujuan saat Anda bergabung dengan Prancis…

"Kami tidak takut mengatakan kami memiliki pasangan ganda campuran yang tampil di level yang sangat bagus. Kami tahu bahwa ini adalah kesempatan kami untuk tampil baik di Paris. Tetapi untuk kategori lainnya, kami membutuhkan lebih banyak waktu. Jadi ini tentang menyiapkan landasan dalam dua tahun ini dan meraih hasil di berbagai acara di tahun 2028. Tapi di ganda campuran, kami sudah tahu bahwa kami memiliki peluang di tahun 2024 jika kami bekerja dengan baik dalam dua tahun mendatang."

Apakah ada target yang ditetapkan untuk Paris 2024?

"Sebanyak mungkin akan menjadi jawaban yang bagus. Pandangan saya terhadap pekerjaan saya lebih kepada proses, seperti perjalanan yang harus nyaman. Bayangkan Anda berada di dalam pesawat dan Anda dapat melakukan perjalanan wisata atau bisnis. Saya lebih suka memilih bisnis jika saya mampu membelinya. Jadi ini seperti mencoba membuat proses bisnis-plus. Artinya tentu saja akan ada turbulensi, dan beberapa masalah yang harus Anda atasi, tetapi pada akhirnya, proses adalah hal yang paling penting. Jika Anda memiliki proses berkualitas tinggi, Anda tidak yakin mendapatkan medali, tetapi setidaknya Anda siap ketika saatnya tiba, untuk dapat memperebutkan medali. Jadi pesan yang selalu saya sampaikan adalah Anda memiliki proses yang baik, Anda berjuang setiap hari untuk menjadi pemain yang lebih baik, pelatih yang lebih baik, lalu Anda berhak memperjuangkan medali. Tapi… kita tidak tahu. Di depan kami ada pemain lain yang juga ingin menang. Jadi inilah keindahan pekerjaan kita, tidak pasti," Fernando Rivas menyimpulkan.

Artikel Tag: Fernando Rivas, carolina marin, Prancis, Olimpiade Paris 2024

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/fernando-rivas-yakin-prancis-akan-jadi-5-besar-kekuatan-bulu-tangkis-dunia
621  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini