Daftar Peraih Gelar Terbanyak Kejuaraan Beregu Asia, Indonesia No 1

Penulis: Yusuf Efendi
Rabu 21 Feb 2024, 05:00 WIB
Daftar Peraih Gelar Terbanyak Kejuaraan Beregu Asia, Indonesia No 1

Tim Bulu Tangkis Indonesia/[Foto:PBSI]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Tim putra Indonesia menjadi satu-satunya negara yang berhasil meraih juara dalam tiga edisi secara beruntun.

India dan Jepang muncul sebagai pesaing utama perebutan gelar beregu putra di Kejuaraan Beregu Bulu Tangkis Asia 2024 .

Daftar pemain India yang mengesankan termasuk peraih medali Kejuaraan Dunia HS Prannoy dan Lakshya Sen , serta juara ganda putra Asian Games Satwiksairaj Rankireddy dan Chirag Shetty .

Di sisi lain, Jepang menurunkan tim tangguh yang menampilkan juara dunia dua kali Kento Momota, Kenta Nishimoto, dan Kodai Naraoka, yang merupakan pemain tunggal putra dengan peringkat tertinggi kompetisi di peringkat enam.

Ajang yang dijadwalkan digelar pada 13-18 Februari ini merupakan babak kualifikasi Asia untuk Piala Thomas dan Uber tahun ini, kejuaraan beregu putra dan putri dunia bulu tangkis di Chengdu, Republik Rakyat China, mulai 28 April hingga 5 Mei 2024.

Meski absennya bintang tunggal Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting, Indonesia berupaya mempertahankan dominasinya. Mereka tetap menjadi kekuatan tangguh di nomor ganda yang diisi Muhammad Shohibul Fikri, Bagas Maulana, Leo Rolly Carnando, dan Daniel Marthin.

Ingin mempertahankan gelar putra di kandang sendiri, Malaysia, yang dipimpin oleh Lee Zii Jia , menghadirkan tantangan yang kuat untuk kejuaraan tersebut. Skuad mereka termasuk juara dunia ganda 2022 Aaron Chia dan Soh Wooi Yik.

Di nomor putri, juara dua kali Jepang juga bersaing untuk meraih kemenangan, dengan Aya Ohori memimpin tantangan Jepang bersama pasangan peringkat enam dunia Nami Matsuyama dan Chiharu Shida.

Turnamen tersebut memiliki unsur kejutan karena absennya peraih medali perak 2022, Korea, akibat cederanya pemain nomor satu dunia An Se Young .

Meskipun China cenderung tidak mengirimkan nama-nama besar mereka, tim putri China, yang dipimpin oleh pemain peringkat teratas Han Yue dan Wang Zhiyi, tetap menjadi favorit.

Skuad tersebut juga mencakup pemenang Malaysia Open Liu Shengshu dan Tan Ning, yang menunjukkan kinerja kuat dari putri Tiongkok.

Dengan tiga gelar juara dari beregu putra (2016, 2018, 2020) dan beregu putri menjadi juara bertahan tahun 2022, Indonesia menjadi negara tersukses di ajang tersebut.

Daftar lengkap pemenang Kejuaraan Beregu Bulutangkis Asia

Tim Putra

2016: Indonesia

2018: Indonesia

2020: Indonesia

2022: Malaysia

2024: China

Tim Putri

2016: China

2018: Jepang

2020: Jepang

2022: Indonesia

2024: India

Artikel Tag: Indonesia, Kejuaraan Beregu Asia 2024

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/daftar-peraih-gelar-terbanyak-kejuaraan-beregu-asia-indonesia-no-1
891  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini