Covid Melanda, Sistem Latihan Online Jadi Pilihan Utama

Penulis: Yusuf Efendi
Selasa 31 Mar 2020, 16:10 WIB
Covid Melanda, Sistem Latihan Online Jadi Pilihan Utama

Bulu Tangkis/[Foto:Thestar]

Berita Badminton : Pelatih dan pemain tim nasional didorong untuk keluar dari zona nyaman mereka dan mengikuti perkembangan zaman. Pelatih kepala BAM, Wong Choong Hann, percaya bahwa sangat penting untuk beradaptasi dengan perubahan baru, terutama sekarang dengan adanya Orde Kontrol Gerakan (MCO) atau yang dikenal dengan nama Lockdown.

Sejak lockdown diumumkan oleh pemerintah dua minggu yang lalu untuk memerangi pandemi Covid-19, para pemain telah kembali ke rumah mereka masing-masing.

Namun, mulai minggu ini, para pemain akan memiliki program pelatihan online yang lebih komprehensif, di mana mereka akan bergabung dengan pelatih dan bahkan pelatih fisik. Choong Hann mengatakan bahwa ini baru untuk semua orang dan perlu dibiasakan.

“Kami telah menggunakan aplikasi Zoom dan tentu saja tidak semua orang terbiasa dengannya. Ini agak baru bagi para pelatih, tetapi kami perlu beradaptasi dengannya," kata Choong Hann.

"Seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, semuanya adalah tentang pembelajaran berkelanjutan, tidak hanya untuk pemain tetapi juga untuk para pelatih. Awalnya, kami semua tertawa, karena bagi sebagian dari kami, ini adalah pertama kalinya, tetapi kami perlahan-lahan mulai terbiasa," ungkapnya.

“Programnya bervariasi, kadang-kadang para pemain memecah latihan mereka menjadi beberapa sesi. Dan alih-alih menonton video secara online, pelatih kami langsung ditayangkan. Ini interaktif, dan kami ingin tetap menyenangkan untuk semua orang," Choong Hann menambahkan.

Ketika ditanya apakah BAM melakukan lebih dari sekedar melakukan program-program ini, Choong Hann berkata.

"Saat ini, tidak. Pertama, kami perlu mempercayai atlet kami. Mereka adalah profesional dan sebagai profesional, kami percaya bahwa mereka tahu apa yang harus dilakukan," katanya.

“Tidak perlu memberi mereka makan sendok semuanya. Jika ada satu hal baik yang keluar dari pandemi ini, adalah kami dipaksa untuk keluar dari zona nyaman. Kami harus belajar hal-hal baru dan bergerak maju. Kami harus tetap up to date,” Choong Hann menjelaskan.

Dengan Olimpiade Tokyo 2020 ditunda dan semua turnamen BWF ditunda, masih belum jelas berapa lama para pemain perlu berlatih sendiri. Lockdown sendiri berlaku sampai 14 April, tetapi mungkin akan diperpanjang sampai pandemi Covid-19 berakhir.

Artikel Tag: wong choong hann, Virus Corona, Pelatihan Online, bam

434  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini