China Open 2019: Lee Zii Jia Tantang Pemain Andalan Singapura di Babak Pertama

Penulis: Yusuf Efendi
Rabu 30 Okt 2019, 11:30 WIB
China Open 2019: Lee Zii Jia Tantang Pemain Andalan Singapura di Babak Pertama

Lee Zii Jia/[Foto:Thestar]

Berita Badminton: Bagi pebulutangkis tunggal putra tim nasional Malaysia, Lee Zii Jia, mengalahkan Loh Kean Yew asal Singapura akan menjadi tujuan utamanya di turnamen Fuzhou China Open 2019 Super 750 pada pekan depan.

Jelang SEA Games Filipina pada 30 November hingga 11 Desember mendatang, Zii Jia akan diuji terlebih dahulu saat ia akan menghadapi pemain peringkat 31 dunia, Kean Yew di babak pertama turnamen World Tour level itu.

Jika Zii Jia menang, dia kemungkinan akan menghadapi unggulan teratas asal Jepang, Kento Momota di babak 16 besar.

Zii Jia menyebut Kean Yew, yang kini berusia 22 tahun, sebagai salah satu pesaing utama untuk perebutan medali emas di SEA Games 2019 bersama Jonatan Christie asal Indonesia dan Kantaphon Wongcharoen asal Thailand.

Kekalahan bukanlah pilihan bagi Zii Jia karena ia tentu saja tak akan mengecewakan para penggemarnya. Kesabaran para penggemar juga sudah mulai menipis setelah kekalahan tunggal putri Soniia Cheah dari Yeo Jia Min asal Singapura di babak pertama French Open pekan lalu.

"Momota berada di pool yang sama dengan saya lagi di turnamen berikutnya, tetapi saya belum berpikir terlalu jauh ke depan karena saya harus menangani Kean Yew terlebih dahulu," kata Zii Jia yang kini berada di peringkat 14 dunia.

“Kean Yew telah berkembang dengan pesat tahun ini dan saya mengantisipasi pertandingan yang sulit melawannya."

“Saya tak sabar ingin bertemu dengannya lagi setelah sekian lama. Kami adalah lawan sengit di turnamen lokal kelompok usia ketika kami berusia 11 dan 12. Setelah itu, ia pindah ke Singapura,” ungkapnya.

Kean Yew yang lahir di Penang, sebelumnya adalah anggota Asosiasi Badminton Penang (PBA) sampai ia berusia 12 tahun. Prestasi terbaiknya di kancah junior adalah memenangkan Final Grand Prix Junior Nasional 2009, mengalahkan Zii Jia di final U-12.

Pada 2010, ia ditawari untuk menjadi bagian di Sekolah Olahraga Bukit Jalil (BJSS) tetapi lebih memilih mengambil beasiswa dengan Dewan Olahraga Sekolah Singapura untuk belajar dan bermain bulu tangkis di sana. Dia akhirnya menetap dan menjadi warga negara Singapura.

Dan pada Januari lalu, Kean Yew mengejutkan dunia ketika dia mengalahkan juara dunia lima kali asal China, Lin Dan, untuk memenangkan gelar World Tour pertamanya di Thailand Masters 2019.

Artikel Tag: Lee Zii Jia, Loh Kean Yew, China Open 2019

2155  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini