Cheng Su Hui/Cheng Su Yin, Si Kembar Calon Pemain Top Dunia Asal Malaysia

Penulis: Yusuf Efendi
Selasa 09 Nov 2021, 13:30 WIB
Cheng Su Hui/Cheng Su Yin, Si Kembar Calon Pemain Top Dunia Asal Malaysia

Cheng Su Hui-Cheng Su Yin/[Foto:BadmintonAsia]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Cheng Su Hui dan Cheng Su Yin adalah saudara kembar berusia 18 tahun dari Malaysia yang sedang berusaha menjadi pemain hebat. Saat ini, mereka berada di posisi 15 di BWF World Junior Ranking untuk ganda putri. Baru bulan lalu, mereka berdua berhasil mencapai babak final German Ruhr U19 International 2021 dalam dua kategori yakni ganda putri dan ganda campuran.

Sebagai pasangan ganda putri, mereka meraih emas setelah mengalahkan Clemence Gaudreau/Elsa Jacob dari Prancis hanya dalam waktu 34 menit. Menariknya, si kembar harus saling berhadapan di babak final kategori ganda campuran. Cheng Su Yin/Goh Boon Zhe, mengalahkan Cheng Su Hui/Beh Chun Meng dalam dua set langsung 21-15, 21-16.

Su Yin dan Su Hui lahir hanya dengan selisih lima menit. Ibu mereka, Tan Saik Khim, adalah mantan pemain bulu tangkis nasional yang berlaga di salah satu final Piala Uber pada 1980-an. Dalam sebuah wawancara dengan TheStar, Su Hui mengatakan bahwa ibu mereka menginspirasi mereka untuk menjadi besar tidak peduli seberapa sulit perjalanannya.

Mereka tidak bermain sebagai pemain ganda sejak awal. Su Hui mulai berkompetisi di turnamen pada tahun 2016 sebagai tunggal putri dan ganda putri di Singapore Youth International Series 2016. Su Yin, di sisi lain, mulai bermain di turnamen beberapa saat kemudian pada tahun 2018 di mana dia akhirnya berkompetisi sebagai pasangan dengan Su Hui di Badminton Asia Junior U17 & U15 Championships 2018. Saat itu, pasangan kembar itu hanya bisa lolos ke babak 16 besar namun ketekunan mereka membuahkan hasil.

Pada tahun 2019, pasangan Cheng Su Hui/Cheng Su Yin berhasil mencapai babak perempat final Junior International Challenge, Jakarta Junior International Series, dan Malaysia Junior International Challenge. Di penghujung tahun 2019, mereka berhasil mencapai babak semifinal Kejuaraan Bulu Tangkis Asia Junior U17 & U15 yang digelar pada Desember 2019. Namun, di ganda campuran, Cheng Su Hui meraih emas bersama pasangannya Beh Chun Meng. Untuk melengkapi semua ini, di bulan yang sama, pasangan kembar ini memenangkan emas di Bangladesh Junior International Series.

Akibat pandemi Covid-19, mereka tidak bisa berlaga di banyak turnamen di tahun 2020. Sebagai pasangan ganda putri, mereka tidak lolos ke babak kualifikasi. Di ganda campuran, Cheng Su Yin/Goh Boon Zhe berhasil melaju ke perempat final German Junior 2020.

Pada tahun 2021, mereka kembali dan membuat terobosan besar dengan memenangkan Ruhr U19 Internasional Jerman.

Cheng Su Hui dan Cheng Su Yin, seperti banyak atlet, bercita-cita untuk dapat bersaing di Olimpiade. Dilihat dari catatan mereka, sepertinya mereka berada di jalur menuju impian Olimpiade mereka.

Artikel Tag: Cheng Su Hui, Cheng Su Yin, Malaysia, BWF

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/cheng-su-huicheng-su-yin-si-kembar-calon-pemain-top-dunia-asal-malaysia
534  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini