Cheah Liek Hou Singkirkan Dheva Anrimusthi di Semifinal Asean Para Games

Penulis: Yusuf Efendi
Jumat 05 Agu 2022, 15:30 WIB
Cheah Liek Hou Singkirkan Dheva Anrimusthi di Semifinal Asean Para Games 2022

Cheah Liek Hou/[Foto:Thestar]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Cheah Liek Hou menundukan saingan beratnya dari Indonesia Dheva Anrimusthi di babak semifinal Asean Para Games (APG) di Solo, Indonesia.

Bentrokan yang sangat dinanti-nantikan dalam hampir satu tahun antara dua raksasa tunggal putra SU5 (gangguan tubuh bagian atas) ternyata menjadi urusan sepihak dengan Liek Hou mengalahkan musuh bebuyutannya 21-19 dan 21-12 dalam waktu 40 menit.

Cheah Liek Hou, 34 tahun, belum pernah bertemu Dheva, yang 11 tahun lebih muda, sejak keluar sebagai juara di final Paralimpiade Tokyo tahun lalu.

Kubu Malaysia juga lebih senang ketika Faris Ahmad Azri, yang disebut-sebut sebagai penerus Liek Hou, mengejutkan unggulan kedua Suryo Nugroho 21-11 dan 21-10 untuk menjadikannya final all Malaysian.

"Ini hari yang fantastis bagi Malaysia. Kontingen kami yakin akan satu emas di tunggal putra SU5," kata Liek Hou, yang mengincar emas ke-13 di APG.

"Ini tidak terlalu sering terjadi, saya bahkan tidak ingat kapan terakhir kali saya menghadapi rekan senegaranya untuk penentuan gelar.”

"Saya sangat senang telah mengalahkan Dheva, dan bahkan lebih manis untuk mencapainya di Indonesia karena penonton sangat bersemangat. Saya kalah dari Dheva saat (semifinal) Asian Para Games (di Jakarta)."

Liek Hou telah mengalahkan Dheva empat kali untuk membuat rekor head-to-head mereka menjadi 5-5. Pada satu titik, Liek Hou menderita lima kekalahan beruntun dari Dheva pada 2018 hingga 2019.

Namun, harapan Liek Hou untuk mengamankan double emas pupus saat ia dan Faris ditaklukkan tipis 21-19, 15-21, 21-19 oleh Suryo-Oddie Kurnia Putra.

Tim nasional para bulu tangkis juga berpeluang meraih emas melalui Ikhwan Ramli dan Noor Azwan Noorlan di kategori kursi roda.

Ikhwan membuat final tunggal putra WH1 dengan mengalahkan Sriboran Anuwat Thailand 21-14, 21-15 sebelum bekerja sama dengan Azwan untuk berkuasa ke final ganda putra WH1-WH2 dengan kemenangan 21-12, 21-10 atas duo Thailand Kornpeekanok Chatchai- Sumpradi Aphichat.

Azwan harus puas perunggu di tunggal putra WH2 setelah kalah 9-21, 21-12, 21-18 dari pemain tuan rumah Agus Budi Utomo.

Di tunggal putra SL4 (lower body impairment), Amin Burhanuddin kalah 24-22, 21-18 atas Hikmat Ramdani dari Indonesia.

Artikel Tag: Cheah Liek Hou, Dheva Anrimusthi, ASEAN Para Games 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/cheah-liek-hou-singkirkan-dheva-anrimusthi-di-semifinal-asean-para-games
855  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini