Cheah Liek Hou Juara Tunggal Putra Asean Para Games 2022

Penulis: Yusuf Efendi
Sabtu 06 Agu 2022, 16:00 WIB
Cheah Liek Hou Juara Asean Para Games 2022

Cheah Liek Hou/[Foto:NST]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Pebulutangkis para Cheah Liek Hou memperpanjang perolehan emasnya yang menakjubkan di Asean Para Games (APG) menjadi 13 setelah mempertahankan gelar tunggal putra SU5 (gangguan tubuh bagian atas) di Solo, Indonesia pada Jumat (5/8) malam.

Pemain berusia 34 tahun itu hanya membutuhkan 34 menit untuk mengalahkan Faris Ahmad Azri 21-18, 21-14 dalam final all-Malaysian untuk emas ketujuhnya di ajang tersebut sejak debutnya di Hanoi pada 2003.

Kemenangan itu menebus kekecewaan Cheah Liek Hou sehari sebelumnya karena kehilangan emas ganda SU5 dengan Faris setelah mereka kalah dari Suryo Nugroho/Oddie Putra dari Indonesia di final.

"Ini emas ke-13 saya di APG, sungguh luar biasa. Saya benar-benar datang jauh sejak berkompetisi di APG pertama saya di Vietnam pada tahun 2003," kata pemain peringkat 1 dunia Liek Hou yang menjadi pebulu tangkis Malaysia pertama yang memenangkan emas di Paralimpiade Tokyo tahun lalu.

"Kemenangan hari ini juga membuat rekor saya memenangkan setidaknya satu emas di setiap edisi APG tetap utuh. Meskipun saya telah memenangkan semua yang ditawarkan, kesuksesan APG masih sangat berarti karena lapangan bermainnya kuat karena melibatkan rival utama saya di Indonesia,” ungkapnya.

“Kami gagal di nomor ganda, tetapi bagi Malaysia untuk memiliki dua pemain di final tunggal, itu adalah pencapaian besar. Bagus untuk Faris, dia semakin baik dan lebih baik. Rasanya sangat menyenangkan memiliki rekan senegaranya yang berjuang bersama saya di tahun-tahun mendatang," kata Liek Hou.

Dengan empat kemenangan APG lagi, Cheah Liek Hou telah memperpanjang rekor tak terkalahkannya menjadi 60 pertandingan sekaligus meraih gelar ke-12 berturut-turut sejak Oktober 2019.

Itu membuatnya menjadi favorit untuk meraih emas Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Para di Tokyo dari 1-6 November, di mana juara dunia enam kali itu akan berusaha untuk kembali ke jalur kemenangannya setelah dilengserkan oleh Dheva Anrimusthi di Basel pada 2019.

Malaysia juga meraih emas lain melalui Ikhwan Ramli, yang mengalahkan Thai Kornpeekanok Chatchai 21-9, 21-11 di tunggal putra WH1 (kursi roda) untuk meraih satu lebih baik dari medali peraknya di Kuala Lumpur pada 2017.

Artikel Tag: Cheah Liek Hou, ASEAN Para Games 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/cheah-liek-hou-juara-tunggal-putra-asean-para-games-2022
721  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini