Chan Peng Soon Resmi Pensiun Dari Bulu Tangkis

Penulis: Yusuf Efendi
Sabtu 25 Mei 2024, 02:00 WIB
Chan Peng Soon Resmi Pensiun Dari Bulu Tangkis

Chan Peng Soon-Cheah Yee See/[Foto:BWF]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Chan Peng Soon kalah dalam pertandingan bulu tangkis kompetitif terakhirnya setelah ia dan Cheah Yee See dikalahkan oleh Chen Xing/Li Qian dari China 10-21, 6-21 di babak pertama Malaysia Masters 2024.

Chan Peng Soon yang berusia 36 tahun secara resmi kini telah mengakhiri 18 tahun karirnya sebagai pemain bulu tangkis pada hari Rabu.

Prestasi terbaik Peng Soon adalah meraih medali perak Olimpiade Rio 2016 bersama Goh Liu Ying. Goh Liu Ying sebelumnya 'gantung raket' usai berakhirnya Malaysia Open tahun lalu.

Usai pertandingan, Chan Peng Soon mengaku awalnya sempat ragu dengan masa depannya sebagai pebulu tangkis. Ia teringat saat terpilih bergabung dengan skuad cadangan nasional pada tahun 2006 saat ia berusia 18 tahun.

“Saat itu saya harus melalui masa percobaan selama enam bulan, di mana tidak ada gaji, hanya disediakan akomodasi dan makan.”

“Selama periode itu, saya bertanya pada diri sendiri apakah olahraga ini memiliki masa depan bagi saya atau tidak.”

“Namun, saya harus mengatakan bahwa saya tidak menyesal memilih bulu tangkis sebagai karier saya. Bulu tangkis bukan hanya soal hasil atau sumber penghasilan saya, tapi juga membuka mata saya terhadap dunia luar.”

“Saat saya jalan-jalan ke luar negeri, saya bertemu banyak orang dan belajar banyak hal, termasuk budaya negara lain,” kata Chan.

Chan Peng Soon mengatakan bahwa meraih medali perak di Rio adalah momen paling penting dalam karirnya. Ia menyebutkan, setelah kesuksesan itu, perhatian masyarakat mulai tertuju pada sektor ganda campuran.

“Di Malaysia, orang-orang tidak terlalu memperhatikan nomor ganda campuran, tapi setelah sukses di Rio, perhatiannya sedikit lebih, meski masih kalah dibandingkan acara lainnya," katanya.

“Saya berharap semua bisa memberikan perhatian yang sama terhadap nomor ganda campuran karena jika kita meraih emas, itu juga berkontribusi terhadap kesuksesan negara,” tambah Chan.

Artikel Tag: Chan Peng Soon, Goh Liu Ying, Pensiun

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/chan-peng-soon-resmi-pensiun-dari-bulu-tangkis
527  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini