Chan Chong Ming Mundur Dari Pelatih Ganda Putri Timnas Malaysia

Penulis: Yusuf Efendi
Sabtu 01 Jan 2022, 15:00 WIB
Chan Chong Ming Mundur Dari Pelatih Ganda Putri Timnas Malaysia

Chan Chong Ming/[Foto:Thestar]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Kunjungan singkat tapi sukses dalam menghadapi kesulitan. Ini paling menggambarkan tugas Chan Chong Ming sebagai pelatih kepala ganda putri tim nasional yang hanya berlangsung selama 18 bulan.

Kemarin, Chong Ming mengundurkan diri dari Persatuan Bulu Tangkis Malaysia (BAM) setelah berhasil mendirikan departemen ganda putri dan mengubah Pearly Tan-M. Thinaah menjadi pasangan top dunia hanya dalam waktu satu tahun.

Hati Chan Chong Ming ada di bulu tangkis tetapi dia harus pergi karena komitmen keluarga dan kewajiban bisnisnya.

“Selama 18 bulan terakhir, saya telah bekerja dengan beberapa karakter yang luar biasa. Saya akan selalu menghargai kesempatan untuk melatih sekumpulan individu berbakat dan akan selalu berterima kasih kepada semua yang mendukung saya sebagai pelatih kepala,” kata Chong Ming.

“Tahun 2021 bukan tahun yang mudah bagi kami, meningkatnya kasus Covid-19 secara global, virus baru, beberapa penguncian, turnamen beruntun, karantina, tes swab, tetapi terima kasih Tuhan bahwa kami berada di jalan menuju pemulihan.'

“Secara keseluruhan, saya telah menghabiskan hampir tujuh bulan di luar negeri tahun ini untuk semua turnamen besar dan kecil berturut-turut, transit, dan karantina. Saya telah kembali ke rumah dengan misi saya selesai. Tetapi saya merindukan keluarga saya dan saya sekarang diharuskan berada di sana untuk bisnis yang saya geluti," ungkapnya.

Bekerja tanpa lelah tapi diam-diam di belakang layar, Chan Chong Ming telah mengubah Pearly-Thinaah dari pasangan peringkat 52 menjadi 16 di dunia hanya dalam waktu satu tahun.

“Waktu saya di BAM telah membuahkan hasil karena orang-orang yang telah mempercayai, mendukung, dan membimbing saya,” kata Chong Ming, yang dipilih oleh direktur kepelatihan nasional Wong Choong Hann untuk pekerjaan itu.

“Kami telah menetapkan standar baru dalam program pelatihan kami dengan menggunakan pendekatan ilmiah di mana kami menggabungkan semua aspek strategi teknis dan taktis ke dalam pelatihan reguler kami."

“Memang, buah dari kerja keras kita sendiri adalah yang paling manis. Bersama-sama, kita dapat mengangkat kepala kita tinggi karena kita telah mencapai tonggak besar dan penting di ganda putri hanya dalam satu setengah tahun. “

Di bawah asuhannya, Pearly-Thinaah memenangkan gelar besar pertama mereka di Swiss Open tahun ini. Mereka juga menjadi perempat finalis di Thailand Open 1 dan 2, Indonesia Masters dan lolos ke World Tour Finals di Bali untuk pertama kalinya.

Lebih dari awal mereka yang sederhana, chemistry dan semangat juang yang ditunjukkan oleh Pearly-Thinaah yang memenangkan hati para penggemar.

“Saya benar-benar percaya bahwa ganda putri, terutama Pearly dan Thinaah, akan melambung lebih tinggi di acara-acara besar dan karena fondasi yang tepat tahun ini, mereka harus mencapai delapan besar tahun depan.”

Kemitraan No. 1 nasional Lee Meng Yean/Chow Mei Kuan juga menikmati salah satu tahun terbaik di bawah Chong Ming ketika mereka menembus 10 besar untuk pertama kalinya pada bulan Maret.

Sambil fokus pada senior, Chong Ming tidak mengabaikan junior dan di bawahnya Valeree Siow-Low Yeen Yuan berkembang.

“Tentu saja, pencapaian tersebut merupakan hasil dari kontribusi kolektif dari semua departemen, tidak melupakan para pemain itu sendiri yang berlatih keras setiap hari,” kata Chong Ming yang berterima kasih kepada semua.

“Merupakan suatu kehormatan dan hak istimewa untuk berperan dalam transformasi menuju menjadi kompetitif.

“Saya berharap BAM akan meneruskan warisan ini untuk kesuksesan yang berkelanjutan. Bulu tangkis adalah bagian dari hidup saya. Saya tidak akan menghentikan gairah saya di sini. Saya akan tetap terlibat dalam kepelatihan di akademi saya,” tambah Chong Ming, yang memang telah melakukan dengan baik sebagai pemain ganda dan pelatih di bawah BAM.

Artikel Tag: Chan Chong Ming, bam

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/chan-chong-ming-mundur-dari-pelatih-ganda-putri-timnas-malaysia
775  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini