Cerita Kegemilangan Endo-Watanabe Raih Gelar All England

Penulis: Yusuf Efendi
Rabu 18 Mar 2020, 13:15 WIB
Cerita Kegemilangan Endo-Watanabe Raih Gelar All England

Hiroyuki Endo-Yuta Watanabe/[Foto:Thestar]

Berita Badminton : Pelatih ganda putra Jepang asal Malaysia, Tan Kim Her telah berhasil mengikuti jejak Jeremy Gan untuk menghasilkan juara All England bagi tim nasional Jepang.

Pasangan peringkat 6 dunia, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe, yang telah berlatih di bawah Kim Her sejak April tahun lalu, muncul sebagai juara ganda putra pertama asal Jepang dalam sejarah 110 tahun turnamen ketika mereka kemenangan sensasional atas pasangan Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dengan 21-18, 12- 21 dan 21-19 di final yang berlangsung di Birmingham Arena, pada Senin (16/3) pagi WIB.

Endo/Watanabe sekarang telah memperpanjang kemenangan beruntun mereka melawan juara All England dua kali (2017 dan 2018) asal Indonesia itu menjadi enam kali kemenangan dalam delapan pertemuan, dengan lima kemenangan mereka tercatat pada tahun lalu.

Itu memang momen penting terutama bagi Endo, yang gagal merebut gelar All England bersama mantan rekannya, Kenichi Hayakawa di tiga final yakni 2013, 2014 dan 2016.

Di bawah pengawasan Kim Ta Her, Endo/Watanabe juga telah mengalahkan Kevin/Marcus di final Kejuaraan Asia tahun lalu dalam perjalanan untuk menjadi juara ganda putra Jepang di turnamen sejak bergulir tahun 1962.

Kim Her bergabung dengan Federasi Badminton Jepang setelah mengakhiri tugas tiga setengah tahun dengan tim nasional India. Sebelum itu, ia juga melatih Korea Selatan, Inggris, dan Malaysia tetapi lebih fokus pada pelatihan para pemain muda dari awal.

Dua tahun lalu, Jepang juga memenangkan gelar ganda campuran untuk pertama kalinya di All England melalui Watanabe/Arisa Higashino di bawah bimbingan pelatih, Jeremy Gan.

Pelatih kepala tim nasional Jepang Park Joo Bong telah mempercayakan Kim Her dan Jeremy dengan tugas untuk membimbing para pemain ganda putra dan ganda campuran untuk kemenangan di Olimpiade Tokyo 2020 mendatang, dan kemenangan All England pada pekan lalu tentu saja menunjukkan bahwa tuan rumah berada di jalur yang benar.

Artikel Tag: Kim Ta Her, Hiroyuki Endo, Yuta Watanabe, All England 2020

1467  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini