Cai Yun Dikabarkan Kembali ke Tim Nasional China Sebagai Pelatih

Penulis: Yusuf Efendi
Jumat 23 Des 2022, 14:30 WIB
Cai Yun Dikabarkan Kembali ke Tim Nasional China Sebagai Pelatih

Fu Haifeng-Cai Yun/[Foto:AP]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Legenda bulu tangkis China, Cai Yun dikabarkan merapat ke tim nasional China sebegai asisten pelatih dan bertugas untuk membantu persiapan para pemain ganda putri untuk musim depan.

“Ya, saya baru saja kembali ke tim nasional. Seperti sebelumnya, saya bangun pagi setiap hari, berlatih, tidur siang, menerima perawatan, dll. Meskipun baru beberapa hari sejak saya pulih, sudah ada perasaan, maaf jika saya tidak kembali dan memainkan beberapa permainan,” kata Cai Yun mengawali.

“Kali ini saya direkrut oleh tim nasional dan pergi ke Lingshui, Hainan sebagai anggota tim ahli untuk membantu tim putri sebagai menggandakan staf pelatih untuk pelatihan dan persiapan,” ungkapnya.

Dilihat dari kompetisi pada tahun 2022, pasangan ganda putri Chen Qingchen/Jia Yifan tampil dengan baik dan stabil. Meskipun Zhang Shuxian/Zheng Yu masih memiliki beberapa pasang surut, mereka menunjukkan daya saing yang baik secara keseluruhan.

Dibandingkan dengan dua pasangan ini, kinerja pemain ganda putri lainnya pada tahun 2022 tidak terlalu menonjol, dan mereka belum sepenuhnya tampil baik di ganda putri.

“Jadi di kamp pelatihan ini, saya berharap untuk menggunakan pengetahuan bulu tangkis saya untuk membantu staf pelatih, membantu tim ganda putri melakukan beberapa upaya, dan menciptakan keunggulan tim ganda putri,” katanya.

“Tentu saja seperti itu sebuah proses tidak akan mudah. Kemampuan saya, staf pelatih dan para atlet dapat membentuk sinergi, dan semua orang membutuhkannya untuk bekerja sama. Khusus untuk saya, saya tidak punya banyak pengalaman kepelatihan, jadi meskipun saya akan berperan sebagai pelatih, itu sebenarnya adalah proses pembelajaran dan peningkatan diri saya.”

Cai Yun adalah legenda badminton ganda putra China. Bersama Fu Haifen, mereka merupakan ganda putra yang sangat disegani pada masa jayanya. Keduanya saling melengkapi. Cai Yun memegang raket dengan tangan kanan, sedangkan Fu Haifeng kidal. Cai pemain yang gesit dan pintar membaca permainan, sedangkan Fu punya smes yang keras.

Selama berpasangan, Cai Yun / Fu Haifeng merebut medali emas Olimpiade 2012, empat kali jadi juara dunia (2006, 2009, 2010, 2011), dan meraih dua titel All England (2005, 2009). Mereka juga mengantar China merebut lima gelar Piala Thomas secara beruntun (2004, 2006, 2008, 2010, 2012) dan lima titel Piala Sudirman (2005, 2007, 2009, 2011, 2013).

Artikel Tag: cai yun, China, Chen Qingchen, Jia Yifan

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/cai-yun-dikabarkan-kembali-ke-tim-nasional-china-sebagai-pelatih
1701  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini