BWF Tangguhkan Keanggotaan Asosiasi Badminton Rusia

Penulis: Yusuf Efendi
Jumat 01 Des 2023, 13:30 WIB
BWF Tangguhkan Keanggotaan Asosiasi Badminton Rusia

Vladimir Ivanov-Ivan Sozonov Juara All England 2016/[Foto:AFP]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) telah menangguhkan keanggotaan Federasi Bulu Tangkis Nasional Rusia (NBFR) setelah ditemukan melanggar ketentuan keanggotaannya, kata badan pengelola olahraga tersebut pada Kamis.

BWF telah melarang atlet Rusia dan Belarusia pada Maret tahun lalu setelah negara itu menginvasi Ukraina. Belarusia digunakan sebagai basis utama perang Rusia di Ukraina, yang oleh Moskow disebut sebagai “operasi khusus”.

Badan bulu tangkis dunia mengatakan NBFR mencakup “wilayah yurisdiksinya yang termasuk dalam yurisdiksi” Ukraina.

“Ini adalah wilayah Donetsk, Kherson, Luhansk, dan Zaporizhzhia di Ukraina,” tambahnya.

Keputusan tersebut dibuat pada pertemuan dewan pada 11 November dan akan dikonfirmasi oleh anggota pada rapat umum tahunan tahun depan di Chengdu, Tiongkok.

BWF mengatakan atlet Rusian akan diizinkan berkompetisi sebagai “atlet netral individu”.

Tahun lalu badan bulu tangkis dunia secara resmi telah membatalkan seluruh turnamen di Rusia dan Belarusia, sehari kemudian Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) melarang atau menangguhkan atlet-atlet dan para ofisial dari dua negara tersebut, untuk tampil di seluruh turnamen.

"BWF telah memperkuat tindakannya terhadap pemerintahan Rusian dan Belarusia dengan menangguhkan para atlet berikut ofisial dan perwakilan dari masing-masing negera, untuk berpartisipasi turnamen-turnamen internasional yang disetujui BWF, hingga pemberitahuan lebih lanjut," tulis BWF melalui lamannya.

Namun, badan dunia tetap menyetujui bahwa para atlet masih dapat berpartisipasi di turnamen internasional dengan status netral atau tanpa bendera dan lagu nasional.

"Para pemain tersebut akan tetap bertanding sebagai atlet 'netral', tanpa bendera nasional dan lagu kebangsaan," mereka menyatakan.

Di pengujung pernyataannya, BWF menyampaikan komitmen untuk tetap mendukung rakyat Ukraina dan komunitas bulu tangkis Ukraina, sebagai bagian dari misi gerakan olahraga, yakni menggencarkan perdamaian dan solidaritas antarsesama manusia.

Artikel Tag: Rusia, Belarusia, BWF

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/bwf-tangguhkan-keanggotaan-asosiasi-badminton-rusia
807  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini