BWF Tak Larang Para Pebulu Tangkis China Tampil di Turnamen Internasional

Penulis: Yusuf Efendi
Kamis 06 Feb 2020, 15:15 WIB
BWF Tak Larang Para Pebulu Tangkis China Tampil di Turnamen Internasional

Wabah Virus Corona/[Foto:Thestar]

Berita Badminton: Federasi Badminton Dunia (BWF) mengatakan bahwa mereka tidak akan membatasi para pemain bulu tangkis China untuk berpartisipasi dalam turnamen-turnamen internasional karena epidemi virus corona.

Lebih dari 550 orang telah meninggal dunia di daratan China karena virus corona setelah pertama kali muncul di Wuhan, provinsi Hubei, akhir tahun lalu dan juga telah mewabah ke kota-kota lainnya di China, memaksa ribuan lainnya dikarantina hingga menyebar ke seluruh dunia.

Lebih dari 20 maskapai penerbangan telah menangguhkan atau membatasi penerbangan ke China dan beberapa negara telah melarang siapapun untuk bepergian ke China, termasuk Indonesia.

"BWF sedang mencari implikasi dari pembatasan perjalanan ini, yang mungkin berarti para pemain dan ofisial dari China tidak akan dapat berpartisipasi dalam turnamen yang disetujui BWF dengan mudah," kata pernyataan itu.

"BWF ingin memperjelas bahwa itu tidak akan membatasi partisipasi para pemain dan pejabat China lainnya, di turnamen bulu tangkis internasional dan para badminton," tambahnya.

BWF mengatakan telah meminta asosiasi anggota untuk menghubungi otoritas kesehatan nasional untuk membuat mereka siap bahwa para pemain internasional akan tiba di negara mereka.

"Kami percaya tuan rumah turnamen akan memberikan bantuan penuh dan memperlakukan semua atlet dari semua asosiasi anggota secara sama. Semua konvensi dan etiket turnamen normal akan berlaku seperti lemparan koin, berjabat tangan," jelas BWF.

Epidemi ini telah mendatangkan malapetaka untuk kalender olahraga internasional dengan sejumlah turnamen dibatalkan atau ditunda. Pekan lalu, turnamen bulu tangkis China Masters pada 25 Februari hingga 1 Maret di Hainan yang merupakan turnamen kualifikasi untuk Olimpiade Tokyo ditunda setelah beberapa pemain mengundurkan diri. BWF juga berharap Kejuaraan Bulu Tangkis Asia masih bisa dilangsungkan di Wuhan, China pada 21 hingga 26 April mendatang.

Artikel Tag: BWF, Virus Corona, Wuhan, China Masters 2020

572  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini