BWF Puji Kontribusi Lee Chong Wei dan Lin Dan di Dunia Bulu Tangkis

Penulis: Yusuf Efendi
Sabtu 27 Mei 2023, 20:00 WIB
BWF Puji Kontribusi Lee Chong Wei dan Lin Dan di Dunia Bulu Tangkis

Lee Chong Wei-Lin Dan/[Foto:NST]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Tunggal putra hebat Lin Dan dan Lee Chong Wei secara resmi dilantik ke dalam Hall of Fame BWF pada Gala Dinner mewah di Kuala Lumpur, Malaysia pada Jumat (26/5).

Kedua pemain, yang berbagi rivalitas legendaris yang terkenal di dunia, diberikan plakat khusus dari Royal Selangor oleh Presiden BWF Poul Erik Høyer di Kuala Lumpur Convention Centre.

Sebelumnya, Høyer memberikan penghormatan kepada tokoh ikonik tersebut dalam pidatonya.

Dalam acara tersebut, yang disemarakkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia Hannah Yeoh, Høyer berkata: “Kontes Anda yang sekarang terkenal menarik perhatian dunia, dan tidak diragukan lagi menarik jutaan pengikut dan pemain baru ke permainan tersebut.”

“Dan sedominan Anda masing-masing secara individu, persaingan dan persahabatan Anda yang penuh semangat memperkaya bulu tangkis di mana-mana dan merupakan bagian penting dari identitas yang Anda berdua bagikan,” ungkapnya.

“Saya salut dan mengagumi semua yang telah Anda lakukan untuk bulu tangkis dan saya sangat senang melihat peningkatan Anda menuju keabadian olahraga malam ini.”

Lin Dan, dalam pidato penerimaannya, berjanji untuk terus melakukan bagiannya untuk olahraga tersebut.

“Saya ingin berterima kasih kepada negara asal saya, Asosiasi Bulu Tangkis Tiongkok, dan penggemar saya atas dukungan mereka selama ini. Saya masih ingin berpartisipasi dalam bulu tangkis dan membantu mempromosikannya secara global.”

Lee Chong Wei yang emosional memuji istrinya, mantan pemain tunggal putri Malaysia Wong Mew Choo, sebagai pilar kekuatannya.

“Dia selalu mendukung saya menang atau kalah. Saya berdiri di panggung ini karena dia,” kata Lee, yang telah sembuh total dari kanker hidung yang mengakhiri kariernya.

“Saya berharap Lin Dan dan saya dapat terus berkontribusi pada olahraga ini. Kami makan siang besok, di mana kami akan membahas bagaimana mempromosikan olahraga ini ke seluruh dunia. Kami berdua ingin lebih banyak orang bermain dan menyukai bulu tangkis.”

Ditanya apa yang paling dia kagumi dari Lee, Lin berkata: “Keterampilan, semangat, dan energinya. Saya menghormati sifat-sifat itu. Saya sangat tersanjung untuk dilantik ke dalam Hall of Fame bersama teman saya.”

Lee Chong Wei dan Lin Dan adalah pemain tunggal putra paling dominan di generasi mereka.

Setelah memulai karir internasional senior mereka di awal tahun 2000-an, Lee dan Lin melanjutkan kehadiran mereka di permainan hingga pensiun masing-masing pada tahun 2019 dan 2020.

Di antara keduanya, mereka memperebutkan total lima final Kejuaraan Dunia Olimpiade dan 10 BWF Series Finals.

Lin Dan tak tertandingi dalam Kejuaraan Utama, dengan dua gelar Kejuaraan Olimpiade dan lima Kejuaraan Dunia. Lee menyelesaikan dengan 47 gelar BWF Superseries/World Tour dan menjadi peringkat satu dunia selama 349 minggu.

BWF Hall of Fame dimulai pada tahun 1997 dan memberikan penghargaan kepada para pemain dan administrator yang telah meningkatkan olahraga ini melalui pencapaian yang luar biasa.

Artikel Tag: lee chong wei, lin dan, bwf hall of fame

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/bwf-puji-kontribusi-lee-chong-wei-dan-lin-dan-di-dunia-bulu-tangkis
768  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini