BWF Batalkan Kejuaraan Dunia Junior di Selandia Baru Karena Covid-19

Penulis: Yusuf Efendi
Jumat 23 Okt 2020, 02:00 WIB
Selandia Baru dan BWF Pastikan Pembatalan Kejuaraan Dunia Junior Karena Covid-19

Tim Indonesia Juara Piala Suhandinata 2019/[Foto:PBSI]

Berita Badminton: Pembatalan Kejuaraan Dunia Junior 2020 di Auckland oleh BWF menyoroti kompleksitas upaya menyelenggarakan turnamen olahraga selama pandemi COVID-19, kata kepala eksekutif Badminton di Selandia Baru, pada Kamis (22/10).

Federasi Badminton Dunia (BWF) dan Federasi Badminton di Selandia Baru (BNZ) mengumumkan pembatalan Kejuaraan Dunia Junior pada 11-24 Januari, yang semula dijadwalkan pada 28 September-11 Oktober, sebelum dipindahkan ke awal tahun depan karena pandemi.

Mereka tidak dapat ditunda lebih lanjut dengan Kejuaraan Dunia Junior 2021 yang dijadwalkan pada September-Oktober di China.

"Kami harus membuat keputusan seputar kesehatan para pemain yang datang ke Selandia Baru dan juga staf dan relawan," kata Kepala Eksekutif BNZ Joe Hitchcock kepada Reuters.

"Sekitar 400 pemain diperkirakan akan tiba untuk turnamen dengan jumlah itu meningkat setidaknya 200-300 orang lagi dengan pelatih, staf pendukung dan ofisial BWF terbang," ungkapnya.

Semua harus menghabiskan 14 hari dalam isolasi pada saat kedatangan, yang biayanya akan ditanggung oleh penyelenggara.

"Ada satu tingkat kerumitan lain di sana," kata Hitchcock, menambahkan bahwa tur kriket yang akan datang di Selandia Baru dan tes rugby baru-baru ini melawan Australia berada pada skala yang lebih kecil.

"Faktor lain yang memperumit masalah ini adalah terbatasnya jumlah penerbangan ke Selandia Baru, dengan negara itu menutup perbatasannya untuk semua kecuali warga negara yang kembali dan penduduk tetap."

Hitchcock mengatakan kemungkinan tim akan menerima pengecualian, meskipun mereka masih membutuhkan persetujuan pemerintah.

"Pemerintah sangat fantastis. Tapi pada akhirnya kami ingin menjalankan acara dengan skala yang kami tahu berpotensi dan kami tidak bisa melakukannya," kata Hitchcock.

Pandemi juga akan menimbulkan masalah bagi tim ketika mereka terbang pulang dengan banyak yang memasuki periode isolasi lain, sementara pelatih kelahiran asing mungkin tidak diizinkan kembali," imbuhnya.

BWF mengatakan bahwa Selandia Baru sekarang akan menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Junior pada tahun 2024.

"Untuk menekan jeda dan memahami kami masih memiliki peluang pada 2024 adalah hal yang bagus," kata Hitchcock.

"Kami adalah olahraga kecil (di Selandia Baru), jadi mengetahui kami masih mendapatkan kesempatan itu sangat keren," tegasnya.

Artikel Tag: BWF, Kejuaraan Dunia Junior, BNZ

690  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini