Brian Yang Ungkap Pengalaman Berlatih di CoE Eropa

Penulis: Yusuf Efendi
Jumat 27 Nov 2020, 21:15 WIB
Brian Yang Ungkap Pengalaman Berlatih di CoE Eropa

Brian Yang/[Foto:Badmintoneurope]

Berita Badminton : Peraih medali perak Pan American Games 2019, Brian Yang asal Kanada, berlatih di Badminton Europe's Centre of Excellence (CoE) bulan ini dan membagikan pengalamannya.

CoE adalah basis pelatihan untuk pemain berbakat dan pantas dari seluruh Eropa, namun, pemain dari seluruh dunia telah menjadi fitur reguler dari fasilitas yang berkembang ini. Visi jangka panjang untuk CoE adalah menjadi kendaraan untuk kerjasama yang lebih luas antar negara dan bermanfaat bagi perkembangan Bulutangkis Eropa dan Dunia secara keseluruhan.

Memiliki pemain seperti Brian Yang, 19 tahun, yang saat ini menduduki peringkat 58 dunia tunggal putra tentunya sejalan dengan visi tersebut.

"Saya berlatih di CoE di antara turnamen Danish Open dan SaarLorLux Open, dan sebenarnya Badminton Canada-lah yang mengatur agar saya berlatih di sana bersama orang Kanada lainnya karena mereka ingin kami tetap bersama sepanjang perjalanan. Di rumah, saya berlatih hampir setiap hari, tetapi kami memiliki beberapa protokol seperti menjaga jarak, meminimalkan jumlah orang di lapangan, menggunakan pembersih tangan dan masker, dll," katanya.

Langkah itu diterima dengan baik oleh Yang.

"Saya pikir itu baik bagi saya untuk berlatih di sana, baik untuk menjaga kebugaran di antara turnamen, tetapi juga untuk mengalami semacam pelatihan yang berbeda dan untuk berdebat dengan pemain yang berbeda."

"Saya kebanyakan berlatih untuk menjaga tingkat kebugaran saya dalam persiapan untuk SaarLorLux Open," tambah Brian Yang.

SaarLorLux Open kemudian sukses besar bagi pemuda Kanada, saat ia mencapai semifinal acara BWF World Tour Super 100.

Berlatih lebih keras Dengan pandangan segar di tengah, Yang berbicara melalui pro dan kontra tentang keluar dari apa yang biasa dia lakukan dan berlatih di Denmark.

"Saya pikir kelebihannya adalah saya dapat melakukan sparring yang lebih baik di CoE daripada di rumah, dan ada banyak fasilitas yang dapat saya gunakan kapan pun saya mau. Beberapa kontra termasuk membiasakan diri dengan makanan dan pilihan makanan, serta pelatihan yang tidak biasa saya lakukan, tapi itu belum tentu hal yang buruk," Brian Yang menunjukkan.

Pernyataan umum tentang CoE dari para pemain adalah betapa ramahnya semua orang di penyiapan, membuat integrasi lebih mudah untuk tambahan baru di Eropa.

"Pelatihan sangat bagus, semua orang sangat ramah, termasuk para pelatih, dan selalu ada getaran yang sangat menyenangkan dan ringan saat pelatihan, terutama dengan pemutaran musik. Saya mendapatkan banyak teman dengan sangat cepat selama saya di sana. Semua orang sangat ingin berlatih dan mereka memotivasi Anda untuk berlatih lebih keras juga," Yang menegaskan.

Rutinitas harian Saat berada di CoE, pelatihan pemain diatur dengan sangat detail. Yang berbicara melalui rutinitas hariannya di Denmark.

"Hampir setiap hari ada latihan pagi yang dimulai pada jam 8 pagi, dan kemudian latihan sore yang dimulai pada jam 2 atau 2:30 siang. Ada waktu yang ditentukan untuk melakukan multi-shuttle, pertandingan, teknik, dan menggunakan gym, jadi semuanya sangat teratur," katanya.

"Biasanya, saya bangun sekitar jam 6:45, sarapan, pergi latihan, makan siang setelah sesi pagi, tidur siang sebelum sesi sore, kemudian setelah sesi sore saya akan bersantai di kamar saya dan makan malam sebentar lagi atau keluar untuk membeli bahan makanan atau sekedar nongkrong dengan teman. Saya hanya dapat menggunakan gym dan lapangan bulu tangkis saat saya di sana, tetapi jika saya tinggal lebih lama, saya yakin saya akan sering menggunakan kolam renang, sauna, dan trek."

Setelah akhir yang kuat di tahun 2020 untuk Yang, dengan finis di semifinal di Jerman dan kemudian pengalaman pelatihan baru di Denmark, dia menantikan periode perayaan.

"Untuk Natal, saya hanya berencana untuk bersantai sehari sebelum kembali ke kesibukan sehari-hari, karena 2021 dimulai dengan turnamen leg Asia di Thailand yang mungkin saya mainkan jika saya bisa membuat undian, maka ada beberapa turnamen penting di Kanada, dan kemudian ada sisa kualifikasi Olimpiade, jadi awal 2021 akan cukup sibuk bagi saya," jelas Brian Yang.

Artikel Tag: Brian Yang, CoE, Eropa

718  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini