Betah di Jepang, Pelatih Bulu Tangkis asal Malaysia Tak Mau Pulang

Penulis: Yusuf Efendi
Selasa 26 Apr 2022, 19:00 WIB
Pelatih Ini Betah di Jepang, Tak Mau Pulang ke Malaysia

Lee Wan Wah/[Foto:Thestar]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton: Mantan pemain internasional Lee Wan Wah, tidak terburu-buru untuk kembali ke rumah untuk bersaing dalam peran kepelatihan karena kontraknya sebagai pelatih tim B Jepang telah diperpanjang untuk satu tahun lagi.

Lee Wan Wah, yang memimpin skuad Jepang B sejak April 2020, bisa menjadi pilihan ideal untuk menggantikan pelatih ganda campuran nasional Paulus Firman.

Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM) telah meminta direktur kepelatihan ganda putra nasional Rexy Mainaky untuk mulai berburu kandidat baru setelah gagal membujuk Paulus untuk tetap bertahan. Wan Wah telah menandatangani kontrak tahunan baru beberapa minggu lalu.

Wan Wah awalnya bergabung dengan Jepang pada 2019 sebagai pelatih junior dan dipromosikan untuk membimbing skuad B ganda campuran senior setahun kemudian oleh pelatih supremo Jepang Park Joo-bong setelah terkesan dengan upaya Malaysia.

Pandemi Covid-19 telah mengganggu rencana awal Wan Wah pada tahun 2020 tetapi kepercayaannya diketahui ketika salah satu pasukannya Kyohei Yamashita/Naru Shinoya (No. 42 dunia) berhasil mengamankan medali perunggu di Kejuaraan Dunia di Huelva, Spanyol, tahun lalu.

“Saya cukup senang dengan pekerjaan saya di sini dan saya telah belajar banyak sebagai pelatih. Kemajuan pemain saya bisa dibilang bagus. Tujuan saya adalah memastikan pasangan saya dipromosikan ke skuad Jepang A dan Yamashita-Shinaya berhasil melakukannya,” kata Wan Wah yang berbasis di Tokyo.

“Yamashita-Shinaya mendapatkan promosi mereka awal tahun ini karena mencapai semi-final Kejuaraan Dunia dan tujuan saya adalah membantu lebih banyak pasangan untuk naik peringkat. Saya akan tetap membuka opsi saya untuk masa depan, tetapi saat ini, saya senang bekerja di Jepang dan melakukan yang terbaik yang saya bisa untuk para pemain.”

Wan Wah saat ini memiliki empat pasangan yakni Hiroki Midorikawa-Natsu Saito (No. 62), Yujiro Nishikawa-Saori Ozaki (No. 75), Naoki Yamada-Moe Ikeuchi (No. 381) dan Sumiya Nihei-Minami Asakura (No. 639) dalam pasukannya.

Jeremy Gan dari Malaysia lainnya bertanggung jawab atas skuad ganda campuran A yang sangat sukses, sementara Tan Kim Her adalah pelatih ganda putra yang membawa Takuro Hoki/Yugo Kobayashi meraih gelar juara dunia tahun lalu.

Mantan pelatih nasional Chin Eei Hui adalah orang Malaysia lain yang bisa didekati Rexy untuk menggantikan Paulus.

Rexy diharapkan mempercepat pencarian untuk mengidentifikasi pelatih ganda campuran baru setelah kampanye Piala Thomas dan Uber Malaysia di Bangkok pada 8-15 Mei mendatang.

Artikel Tag: Lee Wan Wah, jepang, Malaysia

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/betah-di-jepang-pelatih-bulu-tangkis-asal-malaysia-tak-mau-pulang
1267  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini