Berikut Hasil Kualifikasi Satwik/Chirag Menuju Olimpiade Paris 2024

Penulis: Yusuf Efendi
Senin 27 Mei 2024, 16:15 WIB
Berikut Hasil Kualifikasi Satwik/Chirag Menuju Olimpiade Paris 2024

Satwiksairaj Rankireddy-Chirag Shetty/[Foto:Sportstar]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Jika ada dua pemain yang telah membawa India ke tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam hal prestasi bulu tangkis, maka itu adalah pasangan Satwiksairaj Rankireddy dan Chirag Shetty yang dikenal sebagai Satwik / Chirag. Mitra tim tag telah tampil spektakuler dalam 24 bulan terakhir, terus meningkatkan level baru.

Kini, mereka menambah prestasi baru dengan menjadi pasangan ganda putra India pertama yang lolos ke dua Olimpiade berturut-turut. Setelah lebih sering meraih podium kemenangan di masa lalu, tim ini akan menjadi salah satu calon medali bagi India di Paris.

Mereka akan berusaha mengulangi laju perebutan gelar mereka di Prancis Terbuka awal tahun ini yang diadakan di arena yang sama yang akan menjadi tuan rumah Olimpiade. Dengan banyaknya ekspektasi, mari kita lihat perjalanan mereka ke Paris.

Bagaimana Satwik dan Chirag lolos ke Olimpiade Paris?

Kualifikasi bulutangkis untuk Olimpiade ditentukan oleh peringkat dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Berbeda dengan peringkat dunia Federasi Bulu Tangkis Global, yang mempertimbangkan penampilan dari 52 minggu sebelumnya, Peringkat Race to Paris hanya memperhitungkan penampilan dari jendela kualifikasi yang ditentukan antara 1 Mei 2023 hingga 28 April 2024. Hanya beberapa kompetisi yang dipertimbangkan untuk kualifikasi, termasuk Piala Uber, Kejuaraan Dunia, Piala Sudirman, dan acara Kelas 2 dan Kelas 3 lainnya.

Tiket ke Paris telah dipesan oleh 16 pemain teratas, dengan maksimal dua pemain per negara. Masing-masing dari tiga nomor ganda—putra, putri, dan campuran—memiliki 16 kuota. Ada maksimal dua pasangan yang diizinkan per negara di antara delapan peringkat teratas dan delapan duo terbaik berikutnya (dengan maksimal satu per negara) dicantumkan setelah itu. Setelah menempati peringkat ketiga, keduanya memastikan tempat mereka di Paris.

Perjalanan Satwik dan Chirag ke Olimpiade Paris

Terlepas dari semua pencapaian tersebut, lolos ke Olimpiade merupakan perjalanan yang sulit. Mereka mengawalinya dengan penampilan mengecewakan di Piala Sudirman, di mana mereka tak mampu mencatatkan satu pun kemenangan. Tersingkir lebih awal di Thailand Open dan Singapore Open 2023, keduanya bertekad untuk membalikkan keadaan. Mereka menunjukkan kelasnya dengan menjadi pasangan India pertama yang menjuarai BWF Super 1000 Indonesia Open 2023 pada bulan Juni.

Mereka menggandakannya dengan memenangkan Korea Open bulan berikutnya. Dengan musim yang sangat melelahkan di masa depan, pasangan ini memutuskan untuk memilih turnamen untuk menjaga diri mereka tetap bugar serta bersaing dengan yang terbaik di dunia. Pasangan Satwik / Chirag meraih emas di Asian Games dan menjadi orang India pertama yang melakukannya di bulu tangkis.

Meskipun mereka mengalami beberapa kekalahan di final pada awal tahun 2024, gelar French Open dan Thailand Open akan mengembalikan kepercayaan diri mereka untuk Olimpiade.

Karir Olimpiade Satwik-Chirag

Pasangan ini melakukan debut mereka di Olimpiade Tokyo dan membuat awal kemenangan melawan Lee Yang dan Wang Chi-lin dari Chinese Taipei dalam pertemuan pembukaan mereka. Tantangan terbesar mereka datang saat melawan pasangan peringkat 1 dunia Marcus Gideon dan Kevin Sukamuljo. Duo India mengalami kekalahan straight set karena tidak punya jawaban atas pasangan Indonesia.

Sorotan Karir

Pasangan ganda pertama India yang memenangkan BWF World Tour Super 1000.

Pasangan ganda pertama India yang menjadi WR 1.

Pemain India pertama yang meraih emas di Asian Games (2022).

Peraih medali emas Commonwealth Games (2022).

Peraih medali emas Piala Thomas (2022).

Peraih medali perunggu Kejuaraan Dunia (2022).

Peraih medali emas Kejuaraan Asia (2023).

Pasangan ganda putra India pertama yang menjuarai ajang Super 1000 (Indonesia Open 2023).

BWF World Tour (9 Gelar).

Internasional Challenge BWF (6 Gelar).

Artikel Tag: Satwiksairaj Rankireddy, Chirag Shetty, Olimpiade Paris 2024

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/berikut-hasil-kualifikasi-satwikchirag-menuju-olimpiade-paris-2024
691  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini